Strategi Branding Akun Instagram @remaja.hijrahh_1 melalui konten meme

Raya, Mohamad Ksatria (2025) Strategi Branding Akun Instagram @remaja.hijrahh_1 melalui konten meme. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohamad Ksatria Raya_204103010054.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mohamad Ksatria Raya, 2024: Strategi Branding Akun Instagram @Remaja.hijrahh_1 melalui konten meme.

Kata Kunci: Strategi Branding, meme, Instagram

Pada judul skripsi ini untuk mengetahui strategi branding apa yang ada di akun @remaja.hijrahh_1. Strategi branding yang digunakan oleh akun Instagram @remaja.hijrahh_1 melalui konten dalam postingan meme yang memperluas jangkauan pengguna, untuk menaikkan brand yang dilakukan. Namun tidak hanya itu saja melainkan untuk berdakwah melalui media, baik menggunakan konten meme yang seringkali dikaitkan dengan ilustrasi gambar untuk menghibur ternyata pada ideal dan faktanya adalah memberikan sarana pesan dakwah. Selain itu juga betapa kememean-kememean itu digunakan untuk menaikkan branding-nya pada akun @remaja.hijrahh_1.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi branding apa yang digunakan pada akun @remaja.hijrahh_1 untuk branding atau menyebarluaskan postingan pada akun tersebut. Dan untuk mengetahui pesan apa saja yang ada di akun @remaja.hijrahh_1.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pada akun @remaja.hijrahh_1 strategi yang digunakan untuk mem-branding-kan yaitu personal branding sebagai alat untuk menciptakan sebuah branding yang melekat pada akun tersebut. @remaja.hijrahh_1 menggunakan aspek keunikan dengan menggunakan meme sebagai pesan dakwah yang sederhana seperti yang dilakukan oleh @remaja.hijrahh_1 yang menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana mem-branding-kan postingannya. Dengan foto, video berserta caption (keterangan) yang mereka unggah, dapat menggambarkan diri yang kemudian menjadi sebuah personal branding.
Pasan postingan @remaja.hijrahh_1 penulis telah dilakukan penelitian postingan akun Instagram @remaja.hijrahh_1 yang diposting dalam Bulan Oktober dan November 2024, dengan analisis teori semiotika Charles Sanders Peirce ditemukan segitiga makna yang berisi tiga tipe tanda yaitu ikon, indeks dan simbol yang saling berkaitan untuk menyampaikan pesan dalam postingan @remaja.hijrahh_1. Keterkaitan antara ikon, indeks dan simbol menghasilkan makna pesan dakwah seperti himbauan, ajakan, larangan, untuk melakukan kebaikan dan menjauhkan pada suatu keburukan. Maka yang diperoleh adalah bahwa pada postingan akun @remaja.hijrahh_1 terdapat pesan-pesan dakwahnya yang meliputi pesan dakwah Aqidah, Syariah, dan Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mohamad Ksatria Raya
Date Deposited: 09 Jan 2025 06:18
Last Modified: 09 Jan 2025 06:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39494

Actions (login required)

View Item View Item