Profil Pemecahan Masalah pada Materi Aljabar Dilihat dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021

Imam, Fauzi (2021) Profil Pemecahan Masalah pada Materi Aljabar Dilihat dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Imam Fauzi_T20177069.pdf

Download (6MB)

Abstract

Imam Fauzi, 2021: Profil Pemecahan Masalah pada Materi Aljabar Dilihat dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Profil Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematika. Penelitian ini di latar belakangi oleh bagaimana proses pemecahan masalah yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah. Untuk lebih mendukung dan memaksimalkan pemecahan masalah juga diperlukan kemampuan untuk menghadapi masalah, salah satunya adalah kemampuan matematika. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana profil pemecahan masalah siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember dengan kemampuan matematika tinggi, mengetahui bagaimana profil pemecahan masalah siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember dengan kemampuan matematika sedang, mengetahui bagaimana profil pemecahan masalah siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember dengan kemampuan matematika rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember dengan kemampuan matematika tinggi, mendeskripsikan profil pemecahan masalah siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember dengan kemampuan matematika sedang dan mendeskripsikan profil pemecahan masalah siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember dengan kemampuan matematika rendah pada materi Aljabar. Jenis penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan di MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan 3 subjek siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi dan untuk keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangualsi metode dan triangulasi waktu, dimana untuk tes yang diberikan sebanyak tiga kali dengan jeda waktu tujuh hari. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Subjek dengan kemampuan matematika tinggi melakukan semua tahap dalam menyelesaikan masalah tanpa ada kendala. 2) Subjek dengan kemampuan matematika sedang melakukan semua tahap dalam menyelesaikan masalah meskipun tidak lengkap. 3) Subjek dengan kemampuan matematika rendah hanya melakukan tahapan memahami/ mengidentifikasi masalah, menentukan rencana penyelesaian masalah dan melaksanakan rencana penyelesaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 May 2022 03:53
Last Modified: 23 May 2022 03:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3950

Actions (login required)

View Item View Item