Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII Di SMP Negeri 6 Ngawi Jawa Timur.

ULFAH DYAN KUSUMAWATI, - (2021) Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII Di SMP Negeri 6 Ngawi Jawa Timur. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Ulfah Dyan Kusumawati_084 141 294.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ulfah Dyan Kusumawati, 2021: Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII Di SMP Negeri 6 Ngawi Jawa Timur. Kata kunci : Pembelajaran Inkuiri, Hasil belajar siswa, Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pembelajaran inkuiri adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan seluruh kemampuan siswa untk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga dapat merumuskan sendiri dari hasil penemuannya dengan mandiri dan percaya diri. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar digunakan oleh guru untuk dijadikan ukuran atau kriteria dalam mencapai suatu tujuan pendidikan. Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, mengimani, bertakwa, berakhlak mulia, mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci Al-qur’an dan Hadits melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman. Rumusan Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Adakah Pengaruh Pembelajran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Negeri 6 Ngawi?. Penelitian ini berrtujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 6 Ngawi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design atau eksperimen kuasi, yaitu desain eksperimen semu yang memiliki kelompok kontrol namun tidak dapat berfungsi sepenuhnya dalam mengontrol variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Teknik salam menentuan subyek data penelitian ini menggunakan Proportional Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji-T. Berdasarkan hasil uji-t independent posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen pada taraf signifikan 5% (0,05) dengan keakuratan 95% maka t- value 0,035 < 0,05 yang berarti bahwa, adanya pengaruh perlakuaan Pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa Penerapan Pembelajaran Inkuiri memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 6 Ngawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 23 May 2022 03:53
Last Modified: 23 May 2022 03:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item View Item