Rikki, Afriansyah (2025) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Siswa Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
skripsi_rikki_afriansyah WM.pdf Download (5MB) |
Abstract
Anak tunanetra adalah seorang penyandang disabilitas dengan karakteristik yang berbeda dengan anak normal lainnya. Hal ini dikarenakan adanya gangguan penglihatan yang dialami oleh anak tunanetra yang ada di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember. Salah satu masalah yang sering dialami anak tunanetra adalah kurangnya kemandirian dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Akibat kurangnya kemandirian pada anak tunanetra ini dapat menghambat beberapa aktivitas sehari hari anak tunanetra. Maka dari itu memerlukan penanganan yang tepat, salah satunya adalah dengan mengembangkan kemandirian anak tunanetra.
Fokus penelitian di dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kemandirian siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember? 2) Apa faktor pendukung dalam mengembangkan kemandirian siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan kemandirian siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung mengembangkan kemandirian siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ditentukan secara purposive sampling, yakni subjek penelitiannya adalah guru dan siswa tunanetra. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Sementara keabsahan data diperoleh melalui triangulasi metode, yakni untuk menganalisis proses upaya guru dalam mengembangkan kemandirian siswa tunanetra.
Hasil penelitian ini adalah 1) Upaya guru dalam mengembangkan kemandirian siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember terdiri dari 3 upaya, yakni melatih siswa tunanetra untuk mengambil alat tulis sendiri di dalam tas, melatih siswa untuk bisa memakai sepatu sendiri, mengenalkan siswa tunanetra dengan lingkungan sekitar sekolah. 2) Faktor pendukung dalam mengembangkan kemandirian siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember yaitu pendekatan kepada siswa, pemberian alat bantu, penguatan secara emosional.
Kata kunci: Guru, Pengembangan, Kemandirian, Siswa tunanetra
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | rikki afriansyah |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 07:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39521 |
Actions (login required)
View Item |