Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kitab Al Akhlak Lil Banin Jilid II Madrsah Diniyah Pondok Pesantren Syamsuth Tholibin Pakuniran Kabupaten Bondowoso

MILA, - (2021) Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kitab Al Akhlak Lil Banin Jilid II Madrsah Diniyah Pondok Pesantren Syamsuth Tholibin Pakuniran Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MILA_T20171058.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mila, 2021: Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kitab Al Akhlak Lil Banin Jilid II Madrsah Diniyah Pondok Pesantren Syamsuth Tholibin Pakuniran Kabupaten Bondowoso Kata Kunci: Implementasi, Nilai Pendidikan karakter, Pembelajaran Kitab Al Akhlak Lil Banin Jilid II Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya krisis moralitas yang sedang terjadi, banyak sikap perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila dan nilai-nilai keagamaan. Oleh karena itu perlu adanya pendidikan karakter sebagai salah satu solusi untuk dapat membentuk watak yang baik, salah satunya melalui pengintegrasian nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran. Pondok pesantren Syamsuth Tholibin menerapkan nilai karakter dalam pembelajaran kitab al akhlak lil banin jilid II sebagai pembentukan karakter sehingga dapat diimplementasikan di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini fokus pada maksud dan tujuan 1) Bagaimana implementasi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran kitab al akhlak lil banin jilid II madrsah diniyah pondok pesantren syamsuth tholibin pakuniran kabupaten bondowoso? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran kitab al akhlak lil banin jilid II Madrsah Diniyah Pondok Pesantren Syamsuth Tholibin Pakuniran Kabupaten Bondowoso? Tujuan penelitaian ini ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman dengan langkah-langkah:1) Kondensasi data, 2) penyajian data dan, 3) penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data yang diperoleh peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Hasil penelitian ini: 1) implementasi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran kitab al akhlak lil banin jilid II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Syamsuth Tholibin Pakuniran Kabupaten Bondowoso, yaitu nilai karakter keagamaan yang diterapkan di dalam pembelajaran berupa penyampaian materi, pemahaman materi, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, membaca nadhom aqidatul awam dan membaca tashrifan sebelum proses pembelajaran. Sedangkan penerapan nilai pendidikan karakter di luar pembelajaran sebagai bentuk pengembangan karakter dan pengaplikasian dalam kehidupan sehari hari baik berhubungan dengan Tuhan maupun hubungan dengan orang lain yang terdiri dari: k arakter kepada orang tua, guru, dan sesama santri berupa pembiasaan dan keteladanan, 2) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran kitab Al akhlak Lil banin jilid II adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi adat atau kebiasaan santri dan kemauan santri untuk dapat berubah. Sedangkan Faktor eksternal meliputi orangtua, pendidikan dan lingkungan pesantren melalui peraturan dan tata tertib diantaranya: wajib piket kebersihan dan kedisiplinan dalam kegiatan pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 23 May 2022 03:53
Last Modified: 23 May 2022 03:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3953

Actions (login required)

View Item View Item