Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Santri Melalui Metode Sorogan Di Pondok Pesantren Darus Sholah Tegal Besar Jember.

Rosadi Fajar, r Sidik (2021) Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Santri Melalui Metode Sorogan Di Pondok Pesantren Darus Sholah Tegal Besar Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Rosadi Fajar Sidik_084 141 519.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rosadi Fajar Sidik, 2020: Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Santri Melalui Metode Sorogan Di Pondok Pesantren Darus Sholah Tegal Besar Jember. Dalam Islam guru merupakan profesi yang amat mulia, Karena pendidikan adalah salah satu tema sentral Islam, Nabi Muhammad sendiri sering disebut sebagai pendidik kemanusiaan. Seorang guru bukan hanya sebagai seorang tenaga pengajar, tetapi sekaligus adalah pendidik. Karena itu dalam Islam seseorang dapat menjadi guru bukan hanya karena ia telah memenuhi kualifikasi keilmuan dan akademisnya saja, tetapi lebih penting lagi ia harus terpuji akhlaknya. Dengan demikian seorang guru bukan hanya mengajarkan ilmu-ilmu pengetahuan saja, tetapi lebih penting pula membentuk watak dan pribadi anak didiknya dengn akblak dan ajaran- ajaran Islam. Guru harus mampu menanamkan atau membentuk nilai-nilai karakter pada peserta didik yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan, yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hhukum, tata karma, budaya, dan adat istiadat. Karakter dapat juga diartikan sama dengan akhlak dan budi pekerti schingga karakter bangsa sama dengan akhlak bangsa atau budi pekerti bangsa.Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi, 1) Bagaimana peran guru dalam membentuk karakter religius santri melalui metode sorogan kitab tajul arus di Pondok Pesantren Darus Sholah Tegal Besar Jember, 2) Bagaimana peran Guru dalam membentuk karakter religius santri melalui metode sorogan kitab bahjatul ‘wasail di Pondok Pesantren Darus Sholah Tegal Besar Jember. Pendekatan yang digunakan penelitian yaitu pendckatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan. Dalam hal ini yaitu Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Santri Melalui Metode Sorogan Di Pondok Pesantren Darus Sholah Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru di Pondok Pesantren Darus Sholah tidak hanya sebagai guru yang menyampaikan materi saja tetapi mereka juga berperan sebagai seorang guru ngaji, orang tua, motivator, inovator, edukator, pengelola kelas, agara dapat membentuk karakter santri yang religius secara maksimal karena jika mereka hanya bertugas menyampaikan materi saja niscaya hasil yang mereka dapat tidak akan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 May 2022 03:53
Last Modified: 23 May 2022 03:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3954

Actions (login required)

View Item View Item