Relevansi Living Value Education dalam Kitab Ta’lim Muta’alim dan Aktualisasinya pada Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember

IQBAL AINUL FIKRI, - (2021) Relevansi Living Value Education dalam Kitab Ta’lim Muta’alim dan Aktualisasinya pada Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
IQBAL AINUL FIKRI_T20171096.pdf

Download (20MB)

Abstract

Ainul Fikri, Iqbal 2021: “Relevansi Living Value Education dalam Kitab Ta’lim Muta’alim dan Aktualisasinya pada Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember”. Skripsi. Prodi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Pembimbing Prof. Dr. H. Abd. Muis Thabrani, MM. Kata kunci : Living value Education, kitab Ta’lim Muta’alim, pendidikan akhlak, kesalehan individual, kesalehan sosial. Pendidikan yang diajarkan kepada santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember ini mengutamakan pendidikan akhlak yang diperdalam melalui kajian kitab Ta’lim Muta’alim sehingga para santri tidak hanya pintar dalam ilmu-ilmu agama saja akan tetapi unggul dalam moral. Begitu pula dengan adanya Living value Education (LVE) memiliki keterkaitan dengan kitab Ta’lim Muta’alim yang merupakan suatu program pendidikan karakter untuk menawarkan aktivitas nilai empiris dan metodologi praktis bagi para pendidik, fasilitator, pekerja sosial, orang tua dan pendamping anak untuk meringankan beban mereka dalam memberikan kesempatan bagi anak-anaknya. Living value education ada keterkaitan dengan kitab Ta’lim Muta’alim dalam hal membentuk karakter santri diantaranya yaitu: Bentuk cinta mereka terhadap makhluk Allah, adanya para santri memperhatikan lingkungan disekitar pondok, misalnya mereka memelihara ikan air tawar, menanam sayur-sayuran. Sedangkan bentuk cinta mereka kepada Allah, misalnya: Melalukan sholat berjamaah, membaca rotib, membaca sholawat nariyah, ro’an. Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana relevansi living value education dalam kitab Ta’lim Muta’alim pada pendidikan akhlak tentang kesalehan individual santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember? 2. Bagaimana relevansi living value education dalam kitab Ta’lim Muta’alim pada pendidikan akhlak tentang kesalehan sosial santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember?. Tujuan penelitian adalah: 1.Untuk mendeskripsikan relevansi living value education dalam kitab Ta’lim Muta’alim pada pendidikan akhlak tentang kesalehan individual santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember. 2 Untuk mendeskripsikan relevansi living value eduction dalam kitab Ta’lim Muta’alim pada pendidikan akhlak tentang kesalehan individual santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive: Teknik pengumpulan data: Wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun analisis data menggunakan Milles, Hubberman, dan Saldana meliputi: Data Collection, data condensation, data display, dan data verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan tenik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1. Relevansi living value education dalam kitab Ta’lim Muta’alim pada pendidikan akhlak tentang kesalehan individual di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember, bahwa untuk menilai kasalehan santri, itu bisa diketahui bahwa mereka melaksanakan sholat dhuha, tahajjud, membaca alquran tanpa di suruh, dan santri menanam sayuran. 2. Relevansi living value education dalam kitab Ta’lim dan Muta’alim pada pendidikan akhlak tentang kesalehan sosial santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates, bahwa santri dibiasakan selesai sholat mereka harus bersalaman dengan semuanya itu dalam rangka supaya hubungan antar sesama itu bisa berjalan dengan baik. Dan adanya kegiatan kajian kitab, muhadharah, tahlilan, istighosah bersama, memelihara ikan, merawat teman yang sedang sakit, serta kegiatan al banjari yang dilaksanakan bersama- sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 23 May 2022 03:54
Last Modified: 23 May 2022 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3955

Actions (login required)

View Item View Item