Hadinuddin, Ahmad (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS SYSTEM SMART MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM DUSUN BARENG SIDOREJO KRIAN SIDOARJO. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
hadinudduin TESIS.pdf Download (10MB) |
Abstract
Ahmad Hadinuddin 2025. “Implementasi Pendidikan Berbasis System Smart Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Dusun Bareng Sidorejo Krian Sidoarjo” Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Saihan, S.Ag., M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Subakri, S.Ag., M.Pd.I
Kata Kunci : Implementasi Pendidikan, System Smart, Prestasi Belajar
Implementasi pendidikan berbasis sistem Smart Madrasah memiliki potensi besar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Berikut adalah beberapa cara dimana implementasi ini dapat berkontribusi pada peningkatan prestasi belajar meliputi. Pertama, Akses ke Sumber Daya Pendidikan yang Lebih Luas, Dengan sistem Smart Madrasah, siswa dapat mengakses sumber daya pendidikan yang lebih luas melalui internet. Mereka dapat menggunakan sumber daya seperti e-book, video pembelajaran, materi interaktif, dan sumber belajar lainnya yang dapat membantu memperdalam pemahaman mereka tentang mata pelajaran yang dipelajari, diantaranya Sistem Smart Madrasah dapat mencakup platform e-learning yang menyediakan akses ke berbagai materi pembelajaran secara daring.
Fakus pada penelitian ini ada dua yaitu: 1. Bagaimana implementasi pendidikan berbasis System Smart Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sidorejo ? 2. Apa faktor kendala yang mempengaruhi implementasi pendidikan berbasis System Smart Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sidorejo.?
Tujuan penelitian merupakan gambaran tentang arah yang akan dituju dalam melakukan penelitian. Tujuan penelitian harus mengacu kepada Masalah-Masalah yang dirumuskan sebelumnya. 1. Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan berbasis System Smart Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sidorejo 2. Untuk mendeskripsikan Faktor Kendala yang mempengaruhi implementasi pendidikan berbasis System Smart Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sidorejo
Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan, sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, interview, dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1. Attention (perhatian), merupakan dorongan rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu tersebut muncul karena dirangsang melalui elemen – elemen baru, aneh, lain dengan yang sudah ada, dan kodradiktif / kompleks 2. Relevance (relevansi), merupakan adanya hubungan yang ditunjukkan antara materi pembelajaran, kebutuhan dan kondisi siswa. Relevance merupakan adanya hubungan antara kebutuhan dengan motivasi, yaitu berhubungan dengan kehidupan peserta didik baik berupa pengalaman sekarang atau yang telah dimiliki maupun yang berhubungan dengan kebutuhan karir sekarang atau yang akan datang. 3. Confidence (kepercayaan diri), merasa diri kompeten atau mampu merupakan potensi untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan. Rasa percaya diri juga disebut harga diri atau gambaran diri. Secara terminologi percaya diri adalah keyakinan yang dimiliki seseorang bahwa dirinya mampu menangani segala situasi dengan tenang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ahmad Hadinuddin |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 07:24 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 07:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39590 |
Actions (login required)
View Item |