PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI BAAMBOOZLE PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SMP SUNAN GIRI 1 GIRI BANYUWANGI

Zakiyatunisa, Zulvi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI BAAMBOOZLE PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SMP SUNAN GIRI 1 GIRI BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Zulvi Zakiyatunisa_205101100007.pdf

Download (25MB)

Abstract

Zulvi Zakiyatunisa, 2024: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Baamboozle Pada Materi Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII SMP Sunan Giri 1 Giri Banyuwangi.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Baamboozle, Cahaya dan Alat Optik

Penelitian ini dilakukan karena menemukan sejumlah kendala yang ditemukan dalam proses pembelajaran IPA, yaitu penyampaian materi oleh guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik cenderung tidak menyimak dan memperhatikan suka bermain sendiri ketika guru sedang menjelaskan. Ketika peserta didik bermain, kelas menjadi tidak kondusif dan konsentrasi peserta didik terganggu sehingga materi tidak tersampaikan dengan baik. Media ini dapat melakukan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan melalui format kuis berbasis permainan.
Pemilihan game edukasi Bamboozle sebagai media pembelajaran IPA untuk materi cahaya dan optik didasarkan pada hasil observasi yang telah peneliti lakukan. Pengembangan game edukasi ini dapat melakukan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan melalui format kuis berbasis permainan, yang sejalan dengan prinsip pembelajaran konstruktivistik yang menekankan keterlibatan aktif peserta didik. Melalui tampilan yang menarik dan sistem permainan yang kompetitif, Bamboozle dapat meningkatkan motivasi dan antusiasme siswa dalam mempelajari konsep-konsep cahaya dan optik yang cenderung abstrak.
Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui validitas media pembelajaran berbasis aplikasi baambozle pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII SMP. 2) Untuk mengetahui respons peserta didik media pembelajaran berbasis aplikasi baamboozle pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII SMP. 3) Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis aplikasi baambozle pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII SMP.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian research and development (RnD) dengan model 4-D yang mempunyai sejumlah tahapan diantaranya ada define, design, development dan dissemination. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data mencakup wawancara, lembar angket, pretest dan posttest. Untuk mengetahui tingkat keefektifan menggunakan perhitungan N-Gain Score.
Hasil penelitian media pembelajaran berbasis game edukasi baamboozle ini dapat disimpulkan bahwa hasil rata-rata presentase uji validasi ahli media sebesar 88,89% , hasil validasi ahli materi sebesar 96%, dan hasil validasi ahli pengguna (guru) sebesar 92,5% dengan kategori sangat valid. Adapun hasil dari uji coba skala kecil sebesar 95,41% dan uji coba skala besar sebesar 93,1% dengan kategori sangat menarik. Uji efektivitas media diukur menggunakan N-Gain Score yang mencapai 52.56, menunjukkan bahwa game edukasi baamboozle efektif digunakan dalam pembelajaran IPA pada materi cahaya dan alat optik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0206 Quantum Physics > 020604 Quantum Optics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: zulvi zakiyatunisa
Date Deposited: 09 Jan 2025 07:54
Last Modified: 09 Jan 2025 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39600

Actions (login required)

View Item View Item