Representasi Peran Ayah Dalam Pendidikan Anak Pada Literatur Tafsir Tarbawi

Maghfiroh, Adila Putri (2024) Representasi Peran Ayah Dalam Pendidikan Anak Pada Literatur Tafsir Tarbawi. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
SKRIPSI KUU ADLPTR.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa masih banyak ayah yang belum mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Hal ini memiliki keterkaitan dengan fenomena krisis peran ayah (fatherless country) yang terjadi di Indonesia dan beberapa negara lain di dunia. Generasi yang terdampak fenomena krisis peran ayah (fatherless generation) sebagian besar memiliki emosional yang labil, kurang percaya diri, memiliki rasa percaya diri yang rendah, dan beberapa dikucilkan oleh lingkungan sekitar.
Dari hal tersebut yang akan kami telaah dalam fenomena tersebut ialah Bagaimana representasi peran ayah dalam pendidikan anak dalam literatur tafsir tarbawi, makna apa yang dibangun dari kode-kode representasi peran ayah dalam pendidikan anak dalam Al-Qur’an, bagaimana relevansi representasi peran ayah dalam pendidikan anak dengan tantangan pendidikan kontemporer. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan guna menjawab pertanyaan bagaimana representasi terhadap ayat-ayat peran ayah dalam Al-Qur’an dan bagaimana relevansi terkait ayat-ayat peran ayah dalam konteks masa kini.
Pada penelitian ini penulis menggunakan penelitian normatif dengan metode penelitian kualitatif yang berkarakteristik penelitian kepustakaan (library research). Adapun data sekunder berupa dokumen-dokumen lain dari buku, kitab, artikel, maupun karya tulis dalam laman internet yang terkait dengan tema penelitian. Sedangkan data primer upaya menemukan implikasi pendidikan dalam memahami atau mengontekstualisasikan ayat-ayat Al-Qur'an melalui lensa Tafsir Tarbawi. Yakni pada buku Tafsir Tarbawi (kajian ayat- ayat Al-Qur’an dengan tafsir pendidikan), Tafsir Tarbawi karya Kadar M.Yusuf, Tafsir Tarbawi (tafsir tematik pendidikan karakter), Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan (menyingkap pesan-pesan pendidikan dalam Al-Qur’an). Penulis mengumpulkan data dengan pencarian ayat-ayat Al-Qur'an yang membahas topik ayah, selanjutnya mengolah dengan menggunakan teori representasi konstruksionis dengan pendekatan semiotik .
Sebagai hasil penelitian ini, pada representasi ayat-ayat tentang peran ayah dalam Al-Qur’an dan beberapa tafsir Tarbawi dengan pendekatan semiotik melalui tanda yang terdapat dalam surat Luqman:13, Hud: 42-43, Al-Baqarah: 132, Yusuf:4-5. Dari ayat-ayat tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa peran ayah bagi anaknya yaitu, menasehatinya dengan lembut dan penuh kasih sayang, tidak memanggil dengan panggilan yang kasar, menjadi pelindung bagi anak, memerhatikan keimanan dan akhlak, dan menjadi pendengar yang baik. Kemudian peranan ayah dalam mendidik penulis kelompokkan menjadi dua aspek. Yaitu peran ayah sebagai sosok pendidik dan peran ayah terkait materi didik. Sikap-sikap tersebut, jika diterapkan dengan baik maka harapannya angka terdampak fenomena fatherless country di Indonesia akan berkurang.
Kata Kunci: Ayah, Fatherless Country, Fatherless Generation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Adila Putri maghfiroh
Date Deposited: 10 Jan 2025 01:35
Last Modified: 10 Jan 2025 01:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39635

Actions (login required)

View Item View Item