PEMANFAATAN TRADISI NYONGKOLAN DI PULAU LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

AMIM, MUHAMMAD ZIDNI NURIL (2024) PEMANFAATAN TRADISI NYONGKOLAN DI PULAU LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Zidni Nuril Amim_T20199094.pdf

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Zidni Nuril Amim, 2024: Pemanfaatan Tradisi Nyongkolan di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama

Kata kunci: Tradisi Nyongkolan, Sumber Belajar IPS
Tradisi Nyongkolan merupakan suatu tradisi yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tradisi Nyongkolan sebagai suatu bentuk arak-arakan dua pengantin sebagai bagian dari pengumuman bahwa pasangan terserbut telah sa menjadi suami-istri. Hal yang menarik untuk mengkaji lebih dalam tentang tradisi perkawinan adat sasak (Tradisi nyongkolan) ini. Adapun hasil identifikasi terhadap nilai-nilai budaya dalam tradisi Nyongkolan dapat di relevansikan dengan pembelajaran IPS sebagai sumber belajar di Sekolah Menengah Pertama”.
Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana nilai- nilai budaya dalam Tradisi Nyongkolan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat? (2) Bagaimana pemanfaatan dari nilai-nilai budaya dalam Tradisi Nyongkolan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat sebagai sumber belajar IPS?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan nilai-nilai budaya dalam Tradisi Nyongkolan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. (2) Mendeskripsikan pemanfaatan dari nilai-nilai budaya dalam Tradisi Nyongkolan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat sebagai sumber belajar IPS.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian deksriptif. Mengenai teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan Kondensasi Data (Data Condentation), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Kesimpulan (Verifying Conclutions).
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Nilai budaya yang terdapat dalam tradisi Nyongkolan antara lain; kebersamaan dan gotong royong, penghormatan terhadap leluhur dan tradisi, keharmonisan dalam kehidupan sosial, solidaritas sosial, pendidikan moral dan etika, kesederhanaan dalam perayaan, keterikatan pada agama dan spiritualitas, estetika dan keindahan seni budaya. Nilai-nilai budaya dalam tradisi Nyongkolan sangat sesuai untuk diintegrasikan dalam kurikulum IPS SMP. Tradisi ini mengandung banyak nilai yang relevan dengan topik-topik yang diajarkan dalam kurikulum IPS, seperti kerjasama sosial, struktur sosial, kewarganegaraan, ekonomi, pelestarian budaya, dan kepemimpinan. Dengan mengaitkan pembelajaran IPS dengan tradisi Nyongkolan, siswa dapat belajar tentang pentingnya solidaritas sosial, moralitas, pelestarian budaya, dan penerapan konsep-konsep sosial yang lebih nyata dalam kehidupan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Muhammad Zidni Nuril Amim
Date Deposited: 10 Jan 2025 06:37
Last Modified: 10 Jan 2025 06:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39673

Actions (login required)

View Item View Item