Azizah, Hindun Fiki Amaliyatul (2024) Penerapan Teknik Pembelajaran Problem Solving pada Anak Tunagrahita Ringan di SMPLB BCD YPAC Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Hindun Fiki Amaliyatul Azizah _204103030007.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: Teknik pembelajaran Problem Solving, Tunagrahita Ringan
Anak tunagrahita ringan sering mengalami kesulitan akademik, seperti membaca, berhitung, dan menyelesaikan tugas, yang mempengaruhi interaksi mereka di sekolah. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan pendekatan efektif, salah satunya pembelajaran problem solving. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan teknik pembelajaran problem solving pada anak tunagrahita ringan di SMPLB BCD YPAC Jember, guna membantu mereka mengatasi kesulitan akademik dan meningkatkan ketahanan dalam belajar.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses penerapan teknik pembelajaran problem solving pada anak tunagrahita ringan di SMPLB BCD YPAC Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan teknik pembelajaran problem solving pada anak tunagrahita ringan di SMPLB BCD YPAC Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan teknik pembelajaran problem solving pada anak tunagrahita ringan di SMPLB BCD YPAC Jember, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan teknik pembelajaran problem solving pada anak tunagrahita ringan di SMPLB BCD YPAC Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru pendamping kelas, kepala sekolah dan siswa tunagrahita ringan di SMPLB BCD YPAC Jember. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diuji keabsahannya melalui triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving efektif dalam penggunaan pembelajaran anak tunagrahita ringan di SMPLB BCD YPAC Jember. Penerapan teknik ini membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan problem solving di kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung meliputi permainan, relevansi materi dalam kehidupan sehari-hari, dan pendekatan storytelling. Sementara itu, faktor penghambat seperti terbatasnya waktu, kesulitan menyesuaikan materi, dan kurangnya keaktifan siswa perlu diperbaiki agar pembelajaran lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Ms Hindun Fiki Amaliyatul Azizah |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 08:34 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 08:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39709 |
Actions (login required)
View Item |