Manajemen Kurikulum Pesantren Ainul Huda Situbondo

Wardatul, Hasanah (2021) Manajemen Kurikulum Pesantren Ainul Huda Situbondo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
Wardatul Hasanah_T20173101.pdf

Download (5MB)

Abstract

Wardatul Hasanah, 2021: Manajemen Kurikulum Pesantren Ainul Huda Situbondo Kata Kunci: Manajemen kurikulum, Pondok Pesantren Ainul Huda Situbondo, Manajemen kurikulum memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran di semua lembaga pendidikan. Salah satunya adalah pondok pesantren Ainul Huda yang saat ini mengalami tantangan arus globalisasi dan modernisasi yang menyebabkan pesantren harus beradaptasi dengan tantangan yang ada. Hasil dari adaptasi pesantren diantaranya ada yang mengubah pesantrenya menjadi pesantren modern yang di ikuti oleh perombakan terhadap manajemen kurikulumnya dan ada pula pesantren yang tetap mempertahankan kurikulum tradisionalnya, namun pesantren modern maupun tradisional nyatanya tetap eksis dan stabil. Dari latar belakang tersebut merupakan alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum pesantren Ainul Huda Situbondo? 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum pesantren Ainul Huda Situbondo? 3) Bagaimana evaluasi kurikulum pesantren Ainul Huda Situbondo?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum pesantren Ainul Huda Situbondo. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum pondok pesantren Ainul Huda Situbondo terdiri dari: Perumusan tujuan yang mengacu pada visi dan misi pesantren, Perumusan isi kurikulum yang terdiri dari pengajian kitab, pengajian Alqur’an, kegiatan rutinan santri, pembelajaran bahasa inggris, pembinaan kesenian dan keterampilan dan organisasi santri, Kegiatan belajar (Metode/ Strategi pembelajaran) yang tersusun dalam jadwal dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan bahan yang sedang di kaji dan kondisi kelas, dan Sumber Belajar berupa kitab-kitab klasik, buku, modul, dan Al-qur’an. 2) Pelaksanaan kurikulum pondok pesantren Ainul Huda Situbondo terdiri dari pembelajaran bahasa asing, pembinaan kesenian dan keterampilan, organisasi santri, ubudiyah, pengajian Al-qur’an, dan pengajian kitab dengan menerapkan beberapa metode pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan efektif dan efisien. 3) Evaluasi kurikulum pondok pesantren Ainul Huda Situbondo pertama, terdiri dari evaluasi kebutuhan dan feasibility yang dinilai langsung oleh kabid pendidikan dengan cara membandingkan antara kondisi masyarakat, kebutuhan santri, dan program atau kurikulum itu sendiri. Kedua, evaluasi masukan yaitu evaluasi terhadap pemecahan masalah yang dilakukan oleh guru/ ustad dan santri di dalam kelas digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix maupun pesantren dengan melibatkan pihak yang lebih paham tentang masalah tersebut yakni kabid pendidikan maupun keluarga dhalem lainya. Ketiga, evaluasi proses yang dilaksanakan di pesantren Ainul Huda adalah terkait keseluruhan proses pelaksanaan kurikulum selama satu semester yang di adakan dalam bentuk rapat untuk menilai keefektifan, efisiensi, relevansi, dan kelayakan kurikulum tersebut. Keempat, evaluasi produk yang di laksanakan di Ainul Huda adalah evaluasi terhadap kemampuan akademik santri dan sikap santri yang dapat dilihat saat keseharian mereka atau saat-saat tertentu misalnya pada saat lomba dan ujian maupun saat pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 May 2022 03:54
Last Modified: 23 May 2022 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3971

Actions (login required)

View Item View Item