Muslikhatul, Jannah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KANTONG KANGURU MATERI NILAI-NILAI PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS III DI MI AR-RAHMAN LOJEJER WULUHAN JEMBER 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KHS Achmad Siddiq Jember.
Text
SITI MUSLIKHATUL JANNAH_204101040006 watermarx.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pengembangan Media, Papan Kantong Kangguru, Nilai-Nilai Pancasila
Media papan kantong kanguru dirancang untuk membuat pembelajaran lebih
menarik dan interaktif bagi siswa MI Ar-Rahman Lojejer. Media ini membantu
mengatasi tantangan siswa dalam memahami nilai-nilai Pancasila yang sering
kurang relevan dengan metode konvensional. Desainnya yang penuh warna dan
sesuai tema Pancasila meningkatkan minat belajar siswa kelas III. Sifat interaktifnya
mendorong partisipasi aktif melalui aktivitas memasukkan kartu ke kantong.
Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagimana Desain
Pengembangan Media Papan Kantong Kanguru Materi Nilai-Nilai Pancasila 2)
Bagaimana Efektivitas Pengembangan Media Papan Kantong Kanguru Materi
Nilai-Nilai Pancasila pada Mata Pelajaran Pendidikan pancasila Kelas III di MI Ar�Rahman? 3) Bagaimana Kelayakan Pengembangan Media Papan Kantong Kanguru
Materi Nilai-Nilai Pancasila Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk
Mengetahui Desain Pengembangan Media Papan Kantong Kanguru Materi Nilai�Nilai Pancasila 2) Untuk mengetahui Efektivitas Pengembangan Media Papan
Kantong Kanguru Materi Nilai-Nilai Pancasila pada Mata Pelajaran Pendidikan
pancasila Kelas III di MI Ar-Rahman 3) Untuk mengetahui Kelayakan
Pengembangan Media Papan Kantong Kanguru Materi Nilai-Nilai Pancasila.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bisa juga disebut
dengan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model penelitian
ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan,
implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data menggunakan validasi para ahli
(media, materi dan ahli pembelajaran), dan respon peserta didik. Subjek penelitian
siswa kelas III MI Ar Rahman Lojejer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Desain Pengembangan adalah
media pembelajaran papan kantong kangguru yang dikembangkan dari bahan
triplek. (2) Uji validasi oleh 4 tim ahli mendapatkan presentase 86,4%, bahwa bahan
ajar ini sangat valid dan layak digunakan. (3) Efektivitas hasil dari uji coba produk,
yang melibatkan respons dari peserta didik, menunjukkan bahwa presentase rata�rata mencapai 90,8%. Hal ini menegaskan media pembelajaran papan kantong
kangguru sangat sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji N�gain persentase rata-rata N-Gain Score adalah 30.2%, menandakan adanya
peningkatan sekitar 60% setelah implementasi media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Muslikhatul Jannah |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 02:21 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 07:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39715 |
Actions (login required)
View Item |