Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Sekolah Menengah Pertama Islam Integratif Al Mustaqimiah Lumajang Tahun 2024

Abdillah, Firda Nur (2024) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Sekolah Menengah Pertama Islam Integratif Al Mustaqimiah Lumajang Tahun 2024. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIRDA NUR ABDILLAH watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Abdillah, Firda Nur. 2024. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Sekolah Menengah Pertama Islam Integratif Al Mustaqimiah Lumajang Tahun 2024. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Ahmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag., M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Rusydi Baya’gub, S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Kepuasan Pelanggan
Peran Kepala Sekolah sangat penting dalam memimpin suatu lembaga. Lembaga pendidikan dapat berjalan dengan baik dengan adanya kerjasama yang baik pula diantara kepala sekolah, guru, serta orang tua atau wali murid juga peserta didik. Kepala sekolah memegang peran penting dalam tercapainya suatu visi dan misi di suatu lembaga. Kepala sekolah memiliki beberapa peran yang diantaranya ialah kepala sekolah sebagai manajer, kepala sekolah sebagai supervisor serta kepala sekolah sebagai leader. Kepala sekolah juga memiliki peran dalam meningkatkan kepuasan pada pelanggan. Hal ini tidak kalah penting, karena kepuasan pelanggan menjadi salah satu tolak ukur dalam keberhasilan suatu lembaga pendidikan.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai manager dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, 2) Bagaimaa Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, 3) Bagaimana Peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Tujuan: 1) Untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai manager dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, 2) Untuk mengetahui peran kepala sekolah supervisor untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, 3) Untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, serta member check. Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai informan penelitian ialah Kepala Sekolah, Guru, Peserta Didik, Orang Tua/Wali Murid SMPI Integratif Al-Mustaqimiah Kelurahan Ditotrunan Lumajang.
Hasil dari penelitian yang dilakukan diantaranya: 1). Kepala sekolah sebagai managger ialah salah satunya memberikan kesempatan guru yang hendak melanjutkan pendidikan, 2). Kepala Sekolah sebagai supervisIor ialah dengan mengawasi proses pembelajaran di kelas dan melakukan supervisi terhadap guru yang datang terlambat ataupun kepada guru yang tidak masuk menhgajar tanpa izin. Kepala Sekolah sebaga leader ialah terlihat dengan bagaimana kepala sekolah dalam memimpin , saling berdiskusi dan meberikan saran dan masukan terhadap guru dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms FIRDA NUR ABDILLAH
Date Deposited: 15 Jan 2025 02:06
Last Modified: 15 Jan 2025 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39739

Actions (login required)

View Item View Item