Implementasi pembelajaran Tematik di Full Day School Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Zainul Hasan Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

KHOIRUN NISA, - (2020) Implementasi pembelajaran Tematik di Full Day School Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Zainul Hasan Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
KHOIRUN NISA_T20164026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Khoirun Nisa, 2020: Implementasi pembelajaran Tematik di Full Day School Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Zainul Hasan Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Pembelajaran tematik memungkinkan anak secara individual menjelejahi minatnya dengan mengembangkan kemampuan berfikir dan belajarnya melalui pengalaman secara langsung. sehingga menjadi bermakna. Sesuai dengan perkembangan intelektual siswa sekolah dasar yang berada pada tahap operasional konkret. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menghimbau untuk menerapkan Full Day School pada tahun ajaran 2017/2018. Full Day School adalah sekolah sepanjang hari atau sehari penuh. Butuh partisipasi aktif dari penyelenggara pendidikan Full Day terutama guru untuk menjadikan suasana yang efektif dan menyenangkan. Pelaksanaan pembelajaran di Full Day School saat ini sudah menggunakan kurikulum 2013 yang berbasis pada pembelajaran tematik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik di Full Day School Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Zainul Hasan Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik di Full Day School Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Zainul Hasan Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?; (3) Bagaimana evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di Full Day School Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Zainul Hasan Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang perencanaan pembelajaran tematik, pelaksanaan pembelajaran tematik, dan evaluasi dalam pembelajaran tematik di Full Day School Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Zainul Hasan Balung Jember tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.Hasil dari penelitian ini adalah: pada perencanaan pembelajaran guru membuat pemetaan kompetensi, silabus dan RPP sesuai model tematik. pada pelaksanaan pembelajaran terbagi menjadi tiga tahapan yaitu: kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan awal melakukan doa, membaca surat-surat pendek juz 30, mengecek kehadiran siswa dan pra-tes sebagai kegiatan apresepsi. Pada kegiatan inti guru menyampaikan materi dengan metode tanya jawab dan diskusi. Pada kegiatan penutup guru mengajak siswa untuk menyimpulkan materi dan memberi nasehat untuk rajin belajar dan salam. Pada evaluasi pembelajaran, yang dilakukan oleh guru adalah melalui pengamatan dan tes bentuk tertulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 23 May 2022 03:55
Last Modified: 23 May 2022 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3977

Actions (login required)

View Item View Item