Implementasi Strategi Pembelajaran Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB-BCD YPAC Jember

Era Dwi, Jayanti (2021) Implementasi Strategi Pembelajaran Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB-BCD YPAC Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Era Dwi Jayanti_T20171119.pdf

Download (102MB)

Abstract

Era Dwi Jayanti, 2021 : “Implementasi Strategi Pembelajaran Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB-BCD YPAC Jember” Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus Strategi pembelajaran adalah perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi berbeda dengan metode. Strategi menunjuk pada sebuah perencanaan untuk mencapai sesuatu, sedangkan metode adalah cara yang dapat digunakan untuk melakukan strategi. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang ada dalam pendidikan yang memerlukan pelayanan yang spesifik, berbeda dengan anak pada umumnya. Anak berkebutuhan khusus mengalami hambatan dalam belajar dan perkembangannya. Karena itu, mereka memerlukan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana implementasi strategi individualisasi pada pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB-BCD YPAC Jember? Kedua, bagaimana implementasi strategi kooperatif pada pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB-BCD YPAC Jember? Tujuan dari penelitian ini, yaitu: Pertama, untuk mendeskripsikan implementasi strategi individualisasi pada pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB-BCD YPAC Jember. Kedua, untuk mendeskripsikan implementasi strategi kooperatif pada pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB-BCD YPAC Jember Metode penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observatif, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber dan triangulasi data teknik. Tahap penelitiannya, yaitu: Persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : Implementasi strategi individualisasi menjadi pilihan dalam proses pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB YPAC Jember karena dirasa lebih sesuai dan efektif untuk peserta didiknya. Karena di sini siswanya heterogen dengan kebutuhan khusus yang berbeda- beda. Implementasi strategi kooperatif digunakan dalam proses pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB YPAC Jember untuk materi yang bersifat keterampilan saja. Implementasi strategi kooperatif digunakan dalam proses pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB YPAC Jember untuk materi yang bersifat keterampilan saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 May 2022 03:55
Last Modified: 23 May 2022 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3984

Actions (login required)

View Item View Item