Korelasi intensitas menghafal Al-Qur'an terhadap kecerdasan emosional santriwan pusat pendidikan ilmu Al-Qur'an Nurul Jadid Paiton Probolinggo.

Fahrurrozi, Arif (2024) Korelasi intensitas menghafal Al-Qur'an terhadap kecerdasan emosional santriwan pusat pendidikan ilmu Al-Qur'an Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Arif Fahrurrozi-D20195063.pdf

Download (4MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk sempurna ciptaan Allah SWT, yang
dianugerahi segala macam keistimewaan yang tidak dimiliki oleh makhluk lain.
keberhasilan atau kesuksesan manusia tidak cuma terpengaruh dari kemampuan
akal dan finansial, melainkan ada situasi yang hakiki dalam kehidupan manusia
sebagai individu maupun makhluk sosial, yaitu Emosional Quotient. Mengingat
kecerdasan emosional penting bagi kehidupan seseorang, dalam ajaran Islam
dianjurkannya manusia untuk selalu berdzikir dan mengingat kepada Allah SWT. Salah
satu cara mengingat Allah SWT yakni dengan cara membaca dan menghafalkan Al-Qur’an.
Menghafal Al-Qur’an tentu harus dibarengi dengan intensitas yang tinggi dan rajin untuk
mengulang-ulang tiap bacaannya. maka dengan menghafalkan Al-Qur’an diharapkan dapat
meningkatkan kecerdasan emosional penghafal Al-Qur’an.
Rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah terdapat hubungan antara
Intensitas Menghafal Al-Qur’an dengan Kecerdasan Emosional pada santriwan di Pusat
Pendidikan Ilmu Al-Qur’an, Pondok Pesantren, Nurul Jadid. Paiton, Probolinggo?. Tujuan
penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya hubungan antara Intensitas Menghafal AlQur’an dengan Kecerdasan emosional pada santriwan di Pusat Pendidikan Ilmu Al-Qur’an
Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional.
Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah
sampel 15% dari populasi sebanyak 224, maka diperoleh 34 orang sebagai subyek.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dengan teknik
analisis data menggunakan product moment pearson dengan bantuan program SPSS 25.0
for windows.
Kesimpulan pada Penelitian ini adalah hasil pearson correlation menunjukkan
nilai sebesar rhitung 0.583. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan tersebut melebihi rtabel
dengan acuan rtabel sebesar 0.339 (n-2 = 34), hal ini menunjukkan bahwa (rhitung > rtabel
0.583>0.339) dan sig. 0.000 >0.05 dengan nilai pearson correlation berada pada kategori
sedang dengan hubungan positif yang signifikan, yang berarti semakin tinggi intensitas
menghafal Al-Qur’an, maka semakin tinggi juga kecerdasan emosionalnya. Sehingga
hipotesis yang diajukan menghasilkan hasil yang diinginkan, dengan artian di asrama Pusat
Pendidikan Ilmu Al-Qur’an Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton Probolinggo, hipotesis
alternatif (Ha) yakni (terdapat hubungan antara intensitas menghafal Al-Qur’an dengan
kecerdasan emosional) diterima, dan hipotesis nihil (H0) yaitu (tidak ada hubungan antara
intensitas menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan emosional) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Depositing User: Arif Fahrurrozi
Date Deposited: 16 Jan 2025 04:09
Last Modified: 16 Jan 2025 04:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39850

Actions (login required)

View Item View Item