Penerapan Media Alat Permainan Edukatif (APE) Balok Angka dalam Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Pada Kelompok A Di Paud Darul Fikr Talangsari Jember

Dzurrotun Ni’ami, - (2020) Penerapan Media Alat Permainan Edukatif (APE) Balok Angka dalam Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Pada Kelompok A Di Paud Darul Fikr Talangsari Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidkan Islam Anak Usia Dini.

[img] Text
Dzurrotun Ni’ami_T20165009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dzurrotun Ni’ami, 2020: Penerapan Media Alat Permainan Edukatif (APE) Balok Angka dalam Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Pada Kelompok A Di Paud Darul Fikr Talangsari Jember. Kata kunci: Alat Permainan Edukatif, kecerdasan logika matematika Alat permainan edukatif ialah segala sesuatu yang dapat dijadikan sebagai sarana bermain yang sekaligus bermanfaat bagi perkembangan anak. Dalam isilah yang lebih sederhana alat permainan edukatif dapat dipahami sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk belajar anak melalui aktivitas bermain. Dalam pembelajaran di tingkat pendidikan anak usia dini bermain merupakan metode yang mudah untuk dapat meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak. Salah satu permainan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika adalah alat permainan edukatif balok angka. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan penerapan media alat permainan edukatif (APE) balok angka dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika pada kelompok A di PAUD Darul Fikr Talangsari Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan media alat permainan edukatif (APE) balok angka dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika pada kelompok A di PAUD Darul Fikr Talangsari Jember? 3) Bagaimana evaluasi penerapan media alat permainan edukatif (APE) balok angka dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika pada kelompok A di PAUD Darul Fikr Talangsari Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan penerapan media alat permainan edukatif (APE) balok angka dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika pada kelompok A di PAUD Darul Fikr Talangsari Jember 2) Mendeskripsikan pelaksanaan penerapan media alat permainan edukatif (APE) balok angka dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika pada kelompok A di PAUD Darul Fikr Talangsari Jember 3) Mendeskripsikan evaluasi penerapan media alat permainan edukatif (APE) balok angka dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika pada kelompok A di PAUD Darul Fikr Talangsari Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian field research. Lokasi penelitian ini di Paud darul Fikr Talangsari Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini: (1) perencanaan penerapan media alat permainan edukatif balok angka dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika pada kelompok A di Paud Darul Fikr yaitu a) Guru menyediakan alat dan bahan b) pemilihan tema dan sub tema c) media yang digunakan aman dan mudah untuk anak. (2) pelaksanaan penerapan media alat permainan edukatif balok angka dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika pada kelompok A di Paud Darul Fikr yaitu a) Guru menentukan kelompok 3 sampai 4 anak b) menentukan aturan bermain c) Guru menjelaskan cara bermain d) melibatkan semua anak e) metode bermain sambil belajar, Tanya jawab dan penugasan pada anak. (3) evaluasi penerapan media alat permainan edukatif balok angka dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika pada kelompok A di Paud Darul Fikr a) mengamati peserta didik b) guru menyiapkan catatan kecil c) mengumpulkan hasil karya d) dokumentasi kegiatan e) guru dan kepala sekolah mendiskusikan hasil perkembangan anak f) anak yang sudah berkembang berlatih kegiatan selanjutnya g) bagi anak yang belum berkembang diberikan kegiatan secara terpisah h) guru bekerjasama dengan orang tua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 23 May 2022 04:06
Last Modified: 23 May 2022 04:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item