rahma wati, Nurlaily (2024) Konsep Ilmu Dan Amal Dalam Alqur'an Perspektif Tafsir al-mishbah M.Quraish shihab. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAMI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
01 LAILY - wm.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas hubungan antara ilmu dan amal dalam Al-Qur'an menurut perspektif M. Quraish Shihab, dengan fokus pada penafsiran yang terdapat dalam Tafsir Al-Misbah. Islam menempatkan ilmu sebagai sesuatu yang sangat berharga, dan manusia diberikan akal sebagai keistimewaan yang membedakannya dari makhluk lain.
Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Apakah hakikat ilmu dan amal dalam perspektif dalam Tafsir Al-Misbah? (2) Apakah relasi antara ilmu dan amal dalam Al-Qur’an? Adapun tujuan dari peneliti ini adalah (1). Untuk mengetahui dampak hubungan ilmu dan amal dalam kehidupan sehari-hari. (2) Untuk mengetahui implementasi hubungan ilmu dan amal dalam Al-Qur'an pada kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Al-Qur'an, ilmu merupakan pemimpin dan pembimbing amal perbuatan. Dalam penafsirannya, M. Quraish Shihab juga menyoroti dimensi filosofis dan linguistik Al-Qur'an, serta menghubungkannya dengan konteks sosial masyarakat modern. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam kajian tafsir tematik, serta manfaat praktis bagi individu dan lembaga pendidikan Islam dalam memahami konsep ilmu dan amal dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami hubungan keduanya, diharapkan umat Islam dapat mengaplikasikan ilmunya dalam bentuk amal yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Nurlaily Rahma Wati |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 06:38 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 06:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39884 |
Actions (login required)
View Item |