HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN MELAKSANAKAN KEWAJIBAN PESANTREN DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MADRASAH ALIYAH (UNGGULAN) DI PESANTREN NURUL ISLAM 1 ANTIROGO JEMBER

Izzah, Ainul (2024) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN MELAKSANAKAN KEWAJIBAN PESANTREN DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MADRASAH ALIYAH (UNGGULAN) DI PESANTREN NURUL ISLAM 1 ANTIROGO JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ainul Izzah OTW WISUDAAAA.pdf

Download (16MB)

Abstract

Kata Kunci: Kedisiplinan, Prokrastinasi Akademik, Pondok Pesantren

Kedisiplinan merupakan topik yang sering diperbincangkan oleh berbagai pihak, baik itu dalam konteks keluarga, Masyarakat maupun lingkungan sekolah. Di lingkungan sekolah, kedisiplinan menjadi hal yang sangat penting karena aturan Dan peratuan yang ditetapkan bertujuan untuk membentuk karakter dan perilaku siswa. Dalam konteks Pendidikan islam, kedisiplinan memegang peranan yang sangat vital dalam meraih tujuan-tujuan Pendidikan yang diinginkan. Disisi lain terdapat fenomena prokrastinasi akademik yang menjadi perhatian di lingkungan sekolah islam atau pondok pesantren. Prokrastinasi akademik merupakan kecenderungan untuk menunda nunda pekerjaan atau tugas-tugas akademik yang penting. Dengan Tingkat kedisiplinan di pesantren yang sangat tinggi, siswa cenderung untuk menunda mengerjakan tugas akademik nya.
Rumusan masalah dari penelitian ini ialah Apakah ada Hubungan Antara Kedisiplinan Melaksanakan Kewajiban Pesantren dengan Prokrastinasi Akademik siswa Madrasah Aliyah (Unggulan) Nurul Islam 1 Antirogo Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kedisiplinan melaksanakan kewajiban pesantren dengan prokrastinasi akademik siswa Madrasah Aliyah (unggulan) Nurul Islam 1 Antirogo Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik accidental sampling yang didapati sampel sebanyak 39 siswa Madrasah Aliyah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala kedisiplinan dan skala prokrastinasi akademik sebagai instrument pengumpulan datanya, serta skala likert sebagai skala pengukurannya. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan statistic deskriptif dan metode korelasi pearson product moment sebagai analisis uji hipotesisnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan Sebagian besar siswa Madrasah Aliyah (Unggulan) Nuris memiliki Tingkat kedisiplinan sedang yaitu sebanyak 64,1% dan prokrastinasi akademik juga dalam kategori sedang yaitu sebanyak 71,8%. Hasil uji statistic diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,574 dengan nilai Sig. 0,000. Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif antara kedisiplinan dan prokrastinasi akademik. Yang artinya semakin tinggi kedisiplinan siswa maka semakin rendah Tingkat prokrastinasi akademiknya. Sebaliknya, jika semakin rendah Tingkat kedisiplinannya maka semakin tinggi prokrastinasi akademik nya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Ainul Izzah
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:23
Last Modified: 20 Jan 2025 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39889

Actions (login required)

View Item View Item