Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Kelas Online di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi

MOCHAMMAD YUSRON, KHILMI (2021) Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Kelas Online di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MOCHAMMAD YUSRON KHILMI_T20171307.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mochammad Yusron Khilmi 2021: Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Kelas Online di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi. Kata Kunci: Komptensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam, Pengelolaan Kelas Online Berdasarkan keadaan pandemi covid-19 yang serba online dalam pembelajaran, pastinya tidak mudah dalam pengelolaan kelas online, serta menjadi tantangan tersendiri bagi guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi, karena seperti yang kita ketahui pembelajaran online ini datang secara tiba-tiba bukan karena sebuah persiapan yang matang, melainkan karena adanya musibah pandemi covid-19 yang memaksa harus menggunakan pembelajaran secara online Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Kelas Online Secara Preventif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi? 2) Bagaimana Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Kelas Online Secara Represif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Bagaimana Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Kelas Online Secara Preventif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi 2) Mendeskripsikan Bagaimana Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Kelas Online Secara Represif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Jenis penelitian ini adalah studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara dan dokumenter. Sedangkan dalam analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Kelas Online Secara Preventif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi dilakukan dengan cara: a) Pendekatan melalui grup whatsapp, admin kelas, pesan pribadi, dan home visit b) Melihat gejala atau tanda dalam pengumpulan tugas c) Menegur siswa dengan kata-kata yang berhati-hati untuk menghindarai kesalahpahaman di media online d) Memberikan penguatan menggunakan tulisan dan pesan suara dengan cara memberikan sedikit intimidasi 2) Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Kelas Online Secara Represif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bangorejo Banyuwangi dilakukan dengan cara: a) Mengajarkan perilaku baru dengan contoh dan pembiasaan menggunakan media you tube yang berisi video tentang perilaku seseorang, Pelaksanaan sholat dhuha secara rutin, Memberikan hukuman atau punishment mengggunakan hukuman yang sifatnya positif b) Pengelolaan kelompok menggunakan media online dan terkadang melakukan pemanggilan kepada siswa yang menjadi admin dengan memerhatikan protokol kesehatan yakni memakai masker dan menjaga jarak. c) Memberi peringatan melalui grup admin, menggunakan himbaun berupa tulisan atau pesan suara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 May 2022 04:06
Last Modified: 23 May 2022 04:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3989

Actions (login required)

View Item View Item