Mardiyana, Sofi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-POSTER PADA MATERI MENULIS TEKS PETUNJUK SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH FATHUSSALAFI AJUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI SOFI.pdf Download (24MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran E-Poster, Menulis teks petunjuk.
Media pembelajaran menjadi salah satu pokok penting yang memberikan pengaruh dalam proses belajar untuk itu perlu memilah, membuat, dan memilih media pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan karakter siswa. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat membantu mengatasi berbagai tantangan yang muncul selama kegiatan belajar mengajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Proses Pengembangan Media Berbasis E-Poster pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Menulis Teks Petunjuk untuk Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Fathussalafi Ajung Jember?. 2) Bagaimana Kelayakan Media Berbasis E-Poster pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Menulis Teks Petunjuk untuk Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Fathussalafi Ajung Jember ?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk Mengetahui Proses Pengembangan Media Pembelajaran E-Poster (Elektronik Poster) pada Materi Menulis Teks Petunjuk pada Siswa Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Fathussalafi. 2) Untuk Mengetahui Kelayakan Media Pembelajaran E-Poster (Elektronik Poster) pada Materi Menulis Teks Petunjuk pada Siswa Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Fathussalafi.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Metode penelitian menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser & Mollenda yang terdiri dari lima langkah atau tahapan pengembangan, yaitu 1) Analysis (analisa) yakni analisis kurikulum dan materi, analisis kebutuhan 2) Design (desain/perancangan) yakni perancangan awal media 3) Development (pengembangan) yakni pembuatan media dari rancangan yang telah disusun serta proses validasi oleh para ahli, 4) Implementation (implementasi/eksekusi) yakni penyampaian materi dengan media e-poster kepada peserta didik, 5) Evaluation (evaluasi/umpan balik) yakni respon dari peserta didik dan pendidik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Media Pembelajaran Berbasis Elektronik Poster (E-Poster) Pada Materi Menulis Teks Petunjuk Siswa Kelas IV. 2) Media pembelajaran e-poster dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentasi kevalidan oleh ahli media sebesar 85%, ahli materi sebesar 100%, ahli pembelajaran sebesar 100%, dan oleh guru sebesar 100%. Serta hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran e-poster diperoleh nilai persentase sebesar 98,97%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-poster pada materi menulis teks petunjuk siswa kelas IV sangat menarik sehingga “sangat layak” untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sofi Mardiyana |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:24 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 07:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39900 |
Actions (login required)
View Item |