Penerapan Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VI Pada Pelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021

MAHBU BATULLAH, - (2021) Penerapan Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VI Pada Pelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Mahbu Batullah_ T20174016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Mahbu Batullah, 2021: “Penerapan Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VI Pada Pelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021” Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik. Untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif, maka seorang guru harus menggunakan media pembelajaran yang dapat mempermudah peserta didik memahami materi yang dibahas. Media audio visual dapat memberikan penjelasan serta kesan yang baik bagi peserta didik, karena peserta didik lebih mudah memahami materi, tidak merasa bosan, jenuh, dan mampu mempraktikkan materi pelajaran ke dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan ajaran Islam yang benar. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan pembelajaran berbasis audio visual dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas VI pada pelajaran fiqih MI At-Taqwa Bondowoso tahun pelajaran 2020/201? 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan pembelajaran berbasis audio visual dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas VI pada pelajaran fiqih MI At-Taqwa Bondowoso tahun pelajaran 2020/2021? 3) Bagaimana evaluasi penerapan pembelajaran berbasis audio visual dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas VI pada pelajaran fiqih MI At-Taqwa Bondowoso tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berbasis audio visual dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas VI pada pelajaran fiqih MI At-Taqwa Bondowoso tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah fenomenologi. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi non-partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana, dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan penerapan pembelajaran berbasis audio visual dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas VI pada pelajaran fiqih MI At-Taqwa Bondowoso adalah guru menyusun perangkat pembelajaran berupa RPP yang mengacu kepada silabus, program tahunan, program semester, dan kalender pendidikan. 2) Pelaksanaan penerapan pembelajaran berbasis audio visual dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas VI pada pelajaran fiqih disampaikan dengan menggunakan pendekatan saintifik. 3) Evaluasi penerapan pembelajaran berbasis audio visual dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas VI pada pelajaran fiqih menggunakan 3 penilaian yaitu penilaian kompetensi sikap berupa sikap kedisiplinan peserta didik ketika mengerjakan dan mengumpulkan tugas sehingga tumbuh motivasi belajar pada diri peserta didik, penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian kompetensi keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 23 May 2022 04:06
Last Modified: 23 May 2022 04:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3991

Actions (login required)

View Item View Item