Strategi Queen Card dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Saintifik di SMPN 2 Cluring Banyuwangi

ANIS AMALIA SYAH, NAS HAQ (2021) Strategi Queen Card dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Saintifik di SMPN 2 Cluring Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Anis Amalia Syah Nas Haq_T20171169.pdf

Download (4MB)

Abstract

Anis Amalia Syah Nas Haq, 2021: “Strategi Queen Card dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Saintifik di SMPN 2 Cluring Banyuwangi”. Kata Kunci: Queen Card , pembelajaran, Pendidikan Agama Islam Guru dituntut agar memiliki kemampuan mengatur secara umum komponen-komponen pembelajaran yang sedemikian rupa, sehingga terjalin keterkaitan fungsi antarkomponen pembelajaran yang dimaksud. Untuk melaksanakan tugas secara profesional guru memerlukan wawasan mantap tentang kemungkinan-kemungkinan strategi belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan belajar yang telah dirumuskan. Fokus penelitian adalah: (1) Bagaimana implementasi strategi Queen Card dalam pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik di SMPN 2 Cluring, Banyuwangi?, (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian strategi Queen Card dalam pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik di SMPN 2 Cluring Banyuwangi?, dan (3) Bagaimana hasil implementasi strategi Queen Card dalam pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik di SMPN 2 Cluring Banyuwangi? Tujuan dari peneliti ini adalah (1) mendeskripsikan implementasi strategi Queen Card dalam pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik di SMPN 2 Cluring Banyuwangi, (2) untuk mendiskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi Queen Card dalam pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik di SMPN 2 Cluring Banyuwangi, dan (3) Untuk mengetahui hasil implementasi strategi Queen Card dalam pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik di SMPN 2 Cluring Banyuwangi. Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif�deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik, analisis data yang digunakan yakni kondensasi data; meliputi selecting, focussing, simplifying, abstracting, transforming; penyajian data; lalu verifikasi dan penarikan kesimpulan. Sesuai dengan hasil penelitian, maka strategi Queen Card dalam pembelajaran PAI denggan pendekatan saintifik di SMPN 2 Cluring Banyuwangi yakni, (1) Implementasi dalam menerapkan strategi Queen Card dalam pembelajaran PAI seperti, menyesuaikan materi pelajaran dengan strategi pembelajaran, diskusi serta evaluasi pembelajaran dengan menggunakan strategi Queen Card. (2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat, faktor pendukung sangat banyak yang utama adalah lingkungan sekolah yang nyaman dan tenang dan dukungan dari kepala sekolah dalam bentuk penyediaan fasilitas sekolah seperti perpustakaan. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya kedisiplinan dan minat belajar siswa. (3) Hasil dari implementasi strategi Queen Card adalah keaktifan siswa, hubungan atau interaksi baik pada teman atau guru berjalan dengan baik serta mendapat nilai proses belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 23 May 2022 04:06
Last Modified: 23 May 2022 04:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3995

Actions (login required)

View Item View Item