“Kinerja Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam Membina Peningkatan Profesionalisme Guru pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multi Kasus di Nurul Islam Bades dan MA Syarifuddin Lumajang)”

riyah, Qodiriyah (2025) “Kinerja Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam Membina Peningkatan Profesionalisme Guru pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multi Kasus di Nurul Islam Bades dan MA Syarifuddin Lumajang)”. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DISERTASI QODIRIYAH.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
QODIRIYAH, 2024. “Kinerja Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam
Membina Peningkatan Profesionalisme Guru pada Lembaga
Pendidikan Islam (Studi Multi Kasus di Nurul Islam Bades dan MA
Syarifuddin Lumajang)”
Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Shiddiq
Jember. Promotor : Prof. Dr. H. Khusnuridlo, M. Pd. Dan Prof.
Dr. Moch. Chotib, S.Ag., MM.
Kata Kunci: Kinerja, Kepala Madrasah, Madrasah, Profesionalisme, Supervisor
Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya peran kepala madrasah dalam
memastikan kualitas pendidikan melalui pengembangan profesionalisme guru, yang
tidak hanya berorientasi pada peningkatan kompetensi pedagogis, tetapi juga pada
penguatan nilai-nilai religius sesuai dengan karakteristik pendidikan Islam. Penelitian
ini mengkaji kinerja kepala madrasah sebagai supervisor di MA Nurul Islam Bades
dan MA Syarifuddin Lumajang.
Fokus penting kajian penelitian ini adalah a. bagaimana kinerja kepala madrasah
sebagai supervisor dalam perencanaan peningkatan profesionalisme guru di MA
Nurul Islam Bades Lumajang dan MA Syarifuddin Lumajang? b. bagaimana Kinerja
kepala madrasah sebagai supervisor dalam pelaksanaan peningkatan profesionalisme
guru di MA Nurul Islam Bades Lumajang dan MA Syarifuddin Lumajang? dan
terakahi, c. bagaimana Kinerja kepala madrasah sebagai supervisor dalam evaluasi
peningkatan profesionalisme guru di MA Nurul Islam Bades Lumajang dan MA
Syarifuddin Lumajang? tujuan utamanya, mengurai kinerja kepala madrasah dalam
peningkatan profesionalisme guru sebagai sumbervisor.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi multi-kasus
untuk memahami kinerja kepala madrasah dalam supervisi peningkatan
profesionalisme guru di kedua madrasah. Pengumpulan data dilakukan melalui
wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi.
Melalui analisis data secara tematik, Hasil penelitian ini merekonstruksi konsep
Leadership of Supervisors in the Teacher Professionalism Development. Secara garis
besar, mengidentifikasi peran kepala madrasah dalam tiga aspek utama: perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi pengembangan profesionalisme guru. Pada aspek
perencanaan, kepala madrasah merumuskan visi dan misi yang jelas, observasi dan
analisis kebutuhan, menyusun rencana pengembangan partisipatif, serta merancang
sistem evaluasi yang transparan. Dalam pelaksanaan, kepala madrasah memfasilitasi
komunikasi inklusif, mengintegrasikan nilai-nilai religius, mengembangkan
pelatihan kolaboratif, dan membentuk kelompok kerja guru untuk mendukung
peningkatan keterampilan. Pada tahap evaluasi, kepala madrasah melaksanakan
inventarisasi hasil kerja guru, monitoring kolaboratif, penerapan standar IMTAQ dan
IPTEK, serta melakukan reformulasi dukungan.
vii
ABSTRACT
QODIRIYAH, 2024. "The Performance of School Principals as Supervisors in
Fostering the Enhancement of Teacher Professionalism in Islamic
Educational Institutions (A Multi-Case Study at Madrasah Aliyah
Nurul Islam Bades and MA Syarifuddin Lumajang)"”
Dissertation, Islamic Education Management Study Program,
Postgraduate Program, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad
Shiddiq Jember. Promotor : Prof. Dr. H. Khusnuridlo, M. Pd. Dan
Prof. Dr. Moch. Chotib, S.Ag., MM.
Keywords: Performance, Principal, Madrasah, Professionalism, Supervisor
This research is based on the significant role of school principals in ensuring the
quality of education by developing teacher professionalism, which not only focuses
on enhancing pedagogical competencies but also emphasizes strengthening
religious values in line with the characteristics of Islamic education. The study
examines the performance of principals as supervisors at Madrasah Aliyah Nurul
Islam Bades and MA Syarifuddin Lumajang.
The key research questions are: a. How does the principal perform as a supervisor
in planning the development of teacher professionalism at MA Nurul Islam Bades
Lumajang and MA Syarifuddin Lumajang? b. How does the principal perform as a
supervisor in implementing the development of teacher professionalism at MA
Nurul Islam Bades Lumajang and MA Syarifuddin Lumajang? c. How does the
principal perform as a supervisor in evaluating the development of teacher
professionalism at MA Nurul Islam Bades Lumajang and MA Syarifuddin
Lumajang? The main objective is to analyze the principal’s performance in
improving teacher professionalism in the role of supervisor.
This study uses a qualitative approach with a multi-case study method to understand
the principal’s supervisory performance in enhancing teacher professionalism at
both madrasahs. Data were collected through in-depth interviews, participatory
observation, and documentation. Through thematic data analysis, the research
reconstructs the concept of Leadership of Supervisors in Teacher Professionalism
Development.
The findings identify the principal’s role in three primary aspects: planning,
implementation, and evaluation of teacher professionalism development. In the
planning aspect, the principal establishes a clear vision and mission, analyzes needs,
develops a participatory development plan, and designs a transparent evaluation
system. During the implementation phase, the principal facilitates inclusive
communication, integrates religious values, organizes collaborative training, and
creates teacher working groups to support skill enhancement. In the evaluation
stage, the principal conducts an inventory of teacher performance, engages in
collaborative monitoring, applies IMTAQ (faith and piety) and IPTEK (science and
technology) standards, and reformulates support strategies.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Qodiriyah Qodiriyah
Date Deposited: 25 Feb 2025 06:35
Last Modified: 25 Feb 2025 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39967

Actions (login required)

View Item View Item