Rachmati, Alfiana Morita Azza (2025) Pengaruh Kualitas Layanan, Diferensiasi Produk, dan Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Berulang Mie Gacoan Pada Outlet Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text (SK 20 ES 2025)
Alfiana Morita Azza Rachmati _212105020089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Pertumbuhan industri makanan di Indonesia, khususnya di Jember menuntut pelaku usaha untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Mie Gacoan sebagai salah satu outlet makanan, telah memprioritaskan kualitas layanan, diferensiasi produk, dan sertifikasi halal untuk memenuhi harapan pelanggan dan mendorong keputusan pembelian berulang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh signifikan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian berulang Mie Gacoan pada outlet cabang Jember?, 2) Apakah terdapat pengaruh signifikan diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian berulang Mie Gacoan pada outlet cabang Jember?, 3) Apakah terdapat pengaruh signifikan sertifikasi halal terhadap keputusan pembelian berulang Mie Gacoan pada outlet cabang Jember?, 4) Apakah terdapat pengaruh secara simultan kualitas layanan, diferensiasi produk, dan sertifikasi halal terhadap keputusan pembelian berulang Mie Gacoan pada outlet cabang Jember?
Tujuan dari penelitian adalah untuk menguji dan menganalisis apakah kualitas layanan, diferensiasi produk, sertifikasi halal secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian berulang Mie Gacoan pada outlet cabang Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Metode dalam pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan rumus Ferdinand sehingga diperoleh sampel sebanyak 108 responden. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner berupa gform. Dalam analisis data menggunakan alat SPSS 23 dengan pengujian data uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1) Kualitas layanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian berulang Mie Gacoan pada outlet cabang Jember., 2) Diferensiasi produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian berulang Mie Gacoan pada outlet cabang Jember., 3) Sertifikasi halal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian berulang Mie Gacoan pada outlet cabang Jember., 4) Kualitas layanan, diferensiasi produk, dan sertifikasi halal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian berulang Mie Gacoan pada outlet cabang Jember.
Kata kunci: Kualitas Layanan, Diferensiasi Produk, Sertifikasi Halal, Keputusan Pembelian Ulang
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Alfiana Morita Azza Rachmati |
| Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:22 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 02:50 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
