Pradewi, Saqina Maulita (2025) Analisis Strategi Penerapan Relationship Marketing Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Nasabah Pembiayaan KUR Mikro Pada BSI KCP Jember Gajah Mada. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text (SK 008 PS 2025)
SAQINA MAULITA PRADEWI_211105010058.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Saqina Maulita Pradewi, Mashudi, 2025 : Analisis Strategi Penerapan Relationship Marketing Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Nasabah Pembiayaan KUR Mikro Pada BSI KCP Jember Gajah Mada.
Kata Kunci: Relationship Marketing, Kedisiplinan Nasabah, Pembiayaan KUR Mikro
Relationship Marketing adalah pengenalan setiap pelanggan secara lebih dekat dan menciptakan komunikasi dua arah dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan dalam dunia perbankan dengan persaingan yang ketat dan kuat, sehingga bank dituntut untuk melakukan berbagai strategi dalam mempertahankan nasabah dan mendapat nasabah yang baru yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kepercayaan, komitmen, dan komunikasi.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi relationship marketing dalam meningkatkan kedisiplinan nasabah pembiayaan KUR mikro pada BSI KCP Jember Gajah Mada? 2) Apa kendala dalam penerapan relationship marketing pada nasabah pembiayaan KUR Mikro di BSI KCP Jember Gajah Mada?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan strategi relationship marketing dalam meningkatkan kedisiplinan nasabah pembiayaan KUR mikro pada BSI KCP Jember Gajah Mada 2) Untuk mengetahui kendala dalam penerapan relationship marketing pada nasabah pembiayaan KUR mikro di BSI KCP Jember Gajah Mada.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) BSI KCP Jember Gajah Mada menekankan pentingnya kepercayaan, ikatan, komunikasi, nilai kebersamaan, empati, dan timbal balik dalam membangun hubungan yang kuat dengan nasabah. Transparansi informasi, pendekatan personal, dan pemanfaatan teknologi dalam memastikan kedisiplinan pembayaran. Bank juga menunjukkan empati dengan memberikan fleksibilitas bagi nasabah yang mengalami kesulitan dan menawarkan program apresiasi seperti Muqasah. 2) kendala dalam penerapan relationship marketing adalah akibat kurangnya kedisiplinan dan adanya pinjaman lain yang tidak terlaporkan. Bank menerapkan strategi pengingat pembayaran melalui WhatsApp dan telepon, memanfaatkan teknologi BSI Mobile, serta melakukan analisis 5C dalam menyeleksi calon penerima pembiayaan. Selain itu, program Muqasah dan sistem blokiran dana diterapkan sebagai motivasi, namun tetap diimbangi agar nasabah tidak terlalu bergantung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Saqina Maulita Pradewi |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 04:43 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 02:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40102 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |