Muhafillah, Nindita (2025) Analisis Agen Laku Pandai BRILink Dan Fasilitas Unit Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Dalam Mewujudkan Kepuasan Nasabah Pada BRI Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text (SK 009 PS 2025)
NINDITA MUHAFILLAH_211105010064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Nindita Muhafillah, 2025: Analisis Agen Laku Pandai BRILink dan Fasilitas Unit Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Dalam Mewujudkan Kepuasan Nasabah Pada BRI Kantor Cabang Jember.
Kata Kunci: Agen BRILink, ATM, Kepuasan, Nasabah.
Persaingan industri dan perkembangan teknologi perbankan di Indonesia tidak dapat dihindari, bank dituntut semakin inovatif dalam mengembangkan produk, menciptakan kepuasan dan memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah. ATM dan agen laku pandai BRILink adalah salah satu model pemanfaatan teknologi informasi yang mempunyai kemampuan dalam memfasilitasi transaksi tanpa bertatap muka pada teller sebagai perluasan jaringan oleh perbankan.
Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana agen laku pandai BRILink dan fasilitas unit mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dalam mewujudkan kepuasan nasabah pada BRI Kantor Cabang Jember? 2) Apa saja kendala layanan agen laku pandai BRILink dan fasilitas unit mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dalam mewujudkan kepuasan nasabah pada BRI Kantor Cabang Jember?
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis agen laku pandai BRILink dan fasilitas unit Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dalam mewujudkan kepuasan nasabah pada BRI Kantor Cabang Jember, 2) Untuk mendeskripsikan kendala layanan agen laku pandai BRILink dan fasilitas unit mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dalam mewujudkan kepuasan nasabah pada BRI Kantor Cabang Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian menggunakan purposive atau penentuan sampel dan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian ini adalah :1) agen laku pandai BRILink BRI Kantor Cabang Jember sangat membantu masyarakat khususnya nasabah yang belum secara langsung dapat terjangkau oleh bank dalam bertransaksi tanpa perlu ke kantor dilihat dari kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional dan harga serta biaya. Sedangkan pada fasilitas ATM bagi masyarakat di pedesaan masih belum mampu mewujudkan kepuasan nasabah dikarenakan jarak yang harus ditempuh pada fasilitas ATM serta sedikitnya jumlah mesin ATM. Namun bagi nasabah di perkotaan fasilitas ATM sudah cukup membantu tanpa harus mengantri berjam jam di teller. 2) kendala ini dibagi menjadi dua, faktor internal dan eksternal Faktor internal pada agen BRILink yaitu kurangnya modal transaksi dan gangguan sistem di pusat, pada fasilitas mesin ATM yaitu kekurangan uang tunai serta mengalami gangguan. Faktor eksternal agen BRILink dan fasilitas mesin ATM yaitu permasalahan jaringan, ATM keblokir, kartu ATM rusak, penipuan dan keterbatasan pengetahuan mengenai agen BRILink dan fasilitas mesin ATM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms. Nindita Muhafillah |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 04:36 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 02:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40104 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |