Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Model Artikulasi pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021.

Devy Luthfiyah, - (2021) Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Model Artikulasi pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Devy Luthfiyah_T20161038.pdf

Download (3MB)

Abstract

Devy Luthfiyah, 2021 : Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Model Artikulasi pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Strategi pembelajaran aktif, Model Artikulasi Dalam melaksanakan proses pembelajaran guru terlalu monoton dalam menyampaikan materi dan membuat siswa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan. Pembelajaran semacam ini tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif sehingga membuat siswa menjadi pasif. Dari permasalahan tersebut guru menerapkan model pembelajaran yaitu model artikulasi. Model Artikulasi adalah model pembelajaran yang menuntut siswa untuk bisa berperan sebagai “penerima pesan” sekaligus sebagai “penyampai pesan”. Pembelajaran yang telah diberikan guru, wajib diteruskan oleh siswa dan menjelaskannya kepada siswa lain di dalam pasangan kelompoknya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Strategi Pembelajaran Aktif Model Artikulasi pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII? 2) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Aktif Model Artikulasi pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Aktif Model Artikulasi pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII. 2) Mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Aktif Model Artikulasi pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis field research. Subyek penelitian menggunakan Purposive Sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tehnik Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Model artikulasi di MTs Negeri 8 Banyuwangi adalah strategi yang menyenangkan dengan cara membagi peserta didik ke dalam kelompok untuk belajar bersama. Selain menambah kosentrasi mengatasi kejenuhan atau kebosanan peserta didik, strategi ini juga melatih peserta didik untuk bisa aktif dalam belajar. 2) Bentuk penilaian pada aspek sikap guru melakukan pengamatan, meliputi kedisiplinan dan ketertiban dalam pembelajaran. Pada aspek pengetahuan guru melakukan penilaian dengan cara tes tertulis pada akhir materi. Pada aspek keterampilan diterapkan melalui penilaian praktik ketika menyampaikan hasil diskusinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 23 May 2022 06:57
Last Modified: 23 May 2022 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4011

Actions (login required)

View Item View Item