Pengembangan Alat Peraga 3D Pada Materi Tata Surya Kelas VII SMP/MTs

DALILATUD DIANA, - (2021) Pengembangan Alat Peraga 3D Pada Materi Tata Surya Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
DALILATUD DIANA_ T201710078.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dalilatud Diana, 2021: Pengembangan Alat Peraga 3D Pada Materi Tata Surya Kelas VII SMP/MTs Kata Kunci: Media Pembelajaran, Alat Peraga 3D, Tata Surya Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran IPA media merupakan alat yang dapat membantu dalam memperjelas pemahaman konsep IPA yang dipelajari oleh siswa. Salah satu contoh media pembelajaran adalah alat peraga. Berdasarkan wawancara dan analisis kebutuhan yang dilakukan didapatkan hasil bahwa sangat minimnya media pembelajaran yang digunakan sehingga membuat siswa merasa jenuh dan malas dalam belajar. Siswa kelas VII juga sukar memahami materi yang bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat secara langsung. Selain itu, ketersediaan teknologi kurang memadai di SMP Plus Istiqomah Ambulu. Oleh karena itu, berdasarkan kondisi tersebut perlu adanya pengembangan media pembelajaran berbasis alat peraga yang dapat menunjang kebutuhan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan validasi produk media pembelajaran berbasis alat peraga 3D pada materi tata surya kelas VII SMP/MTs, (2) mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis alat peraga 3D pada materi tata surya kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model yang diadopsi oleh Thiagarajan, yaitu 4D yang memiliki empat (4) alur tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Namun, tahapannya dibatasi sampai pada tahap development disebabkan keterbatasan waktu dalam penelitian. Instrumen yang digunakan adalah skala likert dengan 5 kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dihasilkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif dari ahli materi, ahli media serta respon siswa. Data kuantitatif merupakan data berupa skor (persentase), sedangkan kualitatif merupakan data berupa komentar dan saran dari ahli materi, ahli media serta respon siswa. Hasil penilaian menunjukkan bahwa alat peraga ini layak digunakan dengan kategori valid dan sangat baik. Hal ini didasarkan pada persentase kelayakan alat peraga oleh ahli materi dengan persentase kelayakan sebesar 88,33%, penilaian oleh ahli media dengan persentase kelayakan sebesar 95,55%, dan penilaian dari respon siswa diperoleh persentase kemenarikan sebesar 90,98%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 23 May 2022 06:57
Last Modified: 23 May 2022 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4013

Actions (login required)

View Item View Item