Maulida, Lutfi Laili (2025) Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VIII SMPN 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Watermark lutfi.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan bentuk dari kurikulum merdeka.
Penerapan kurikulum merdeka sudah banyak digunakan dalam satuan pendidikan. Salah satu sekolah yang sudah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yakni SMPN 2 Banyuwangi. Alasan peneliti memilih objek penelitian ini karena SMPN 2 Banyuwangi merupakan sekolah yang memiliki rekam jejak prestasi yang banyak di kota Banyuwangi, selain itu sekolah ini juga sudah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam.
Tujuan dari penelitian ini yakni: 1). Mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti di kelas VIII SMPN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2024/2025. 2).
Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VIII SMPN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2024/2025. 3). Mendeskripsikan faktor pendukung dan pengambat pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VIII SMPN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2024/2025.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Terdapat empat subjek penelitian ini yakni kepala sekolah, waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan peserta didik kelas VIII C SMPN 2 Banyuwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teori dari Miles and Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, analisis data dan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data di uji dengan triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa: 1). Tahap
perencanaan diawali dengan menganalisis capaian pembelajaran, membuat tujuan pembelajaran beserta alurnya dan merencanakan pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan adanya perangkat ajar yang ada mulai dari program tahunan, program semester, rencana pekan efektif dan modul ajar. 2). Tahap pelaksanaan diawali dengan asesmen diagnostik, analisis kurikulum dan hasil asesmen diagnostik dan analisis kurikulum dengan penerapan diferensiasi konten, proses dan produk. 3).Faktor pendukung penelitian ini yakni dukungan dari kepala sekolah dan sarana prasarana yang mewadai. Faktor penghambat penelitian ini yakni pendidik kesulitan dalam mengondisikan kelas.
Kata Kunci: Pembelajaran; Berdiferensiai; Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lutfi Laili Maulida |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 07:06 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 07:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |