Nuha, Asila Ulin (2025) PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PENAWARAN DISKON TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FEBI UIN KHAS JEMBER PENGGUNA FITUR SHOPEE PAYLATER DALAM APLIKASI MARKETPLACE SHOPEE. Undergraduate thesis, Unversitqs Islam Negri Kiai Haji Achmad Sidiq Jember.
![]() |
Text (SK 1 ES 2025)
DIGILIB SKRIPSI FIX.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Asila Ulin Nuha, Hersa Farida Qoriani, 2024: “Pengaruh Kemudahan
Penggunaan dan Penawaran Diskon terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa
FEBI UIN KHAS Jember Angkatan 2021 yang Menggunakan Fitur Shopee
Paylater di Aplikasi Marketplace Shopee”
Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Kemudahan Penggunaan, Penawaran Diskon
Perilaku konsumtif merupakan perilaku konsumsi yang berlebihan. Kata
konsumtif sendiri memiliki arti boros, seseorang yang mengkonsumsi barang atau
jasa secara berlebihan. Selain itu dapat dikatakan perilaku konsumtif adalah suatu
kecenderungan manusia dalam melakukan konsumsi yang tidak ada batasan,
karena banyak manusia yang lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1) Apakah kemudahan
penggunaan berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa
pengguna Shopee Paylater pada platform Shopee. 2). Apakah penawaran diskon
berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna
Shopee Paylater pada platform Shopee. 3) Apakah kemudahan penggunaan dan
penawaran diskon berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif
mahasiswa Shopee Paylater pada platform Shopee.
Penelitian ini memiliki tujuan: 1). Untuk mengetahui pengaruh kemudahan
penggunaan secara parsial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pengguna
Shopee Paylater pada platform Shopee. 2). Untuk mengetahui pengaruh
penawaran diskon secara parsial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa
pengguna Shopee Paylater pada platform Shopee. 3). Untuk mengetahui pengaruh
kemudahan penggunaan dan penawaran diskon secara simultan terhadap perilaku
konsumtif mahasiswa pengguna Shopee Paylater pada platform Shopee.
Metode penelitian yang digunakan adalah Pendekatan penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Data diperoleh
dengan menyebar kuisioner kepada mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember
angkatan 2021 Lokasi penelitian berada di FEBI UIN KHAS Jember
Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemudahan penggunaan
memiliki nilai Sig sebesar 0,000, yang berarti berpengaruh positif dan signifikan
terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Variabel penawaran diskon juga
memiliki nilai Sig sebesar 0,000, menunjukkan pengaruh positif dan signifikan
terhadap perilaku konsumtif. Secara simultan, kedua variabel ini memiliki nilai
Sig sebesar 0,000, yang menegaskan bahwa kemudahan penggunaan dan
penawaran diskon bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap
perilaku konsumtif mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs Asila Ulin Nuha |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 05:54 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |