Hubungan Manajemen Strategi dengan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Balung Jember

Miftahul Afkarina, - (2021) Hubungan Manajemen Strategi dengan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Balung Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
Miftahul Afkarina _T20173001.pdf

Download (11MB)

Abstract

Miftahul Afkarina, 2021: Hubungan Manajemen Strategi dengan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Balung Jember. Kata Kunci: manajemen strategi, mutu pendidikan. Manajemen strategi memiliki hubungan dengan manajemen pendidikan. Jika manajemen operasional memiliki fungsi dan proses melalui perencaaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan evaluasi (evaluating), manajemen strategi memiliki fungsi dan proses melalui formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Mutu juga selalu melekat dalam dunia pendidikan. Dengan adanya manajemen strategi dalam dunia pendidikan diharapkan dapat menghasilkan mutu pendidikan baik, yang sesuai standar yang telah tercantum dalam Undang-Undang Negara Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menjelaskan gambaran manajemen strategi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kecamatan Balung, 2) Menjelaskan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kecamatan Balung, dan 3) Mengetahui adakah hubungan antara manajemen strategi dengan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kecamatan Balung. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu manajemen strategi (X) dan mutu pendidikan (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kecamatan Balung dengan jumlah 30 orang, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu keseluruhan dari tenaga pendidik dan kependidikan tersebut. Instrument dalam penelitian menggunankan pedoman angket untuk mendapatkan skor manajemen strategi dan skor mutu pendidikan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Manajemen strategi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kecamatan Balung berada pada kriteria sedang dengan presentase 63,3%, 2) Mutu pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kecamatan Balung berada pada kriteria sedang dengan presentase 70%, 3) Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi antara dua variabel adalah 0,029 yang berarti lebih kecil dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis korelasi pearson’s product moment antara dua variabel yaitu r hitung = 0,400 ≥ r tabel = 0,361 dengan taraf signifikansi 5%, dan yang berarti bahwa terdapat hubungan antara manajemen strategi dengan mutu pendidikan dengan tingkatan sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 24 May 2022 02:21
Last Modified: 24 May 2022 02:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4022

Actions (login required)

View Item View Item