PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 LUMAJANG

Hasan Zain, Moh. (2025) PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 LUMAJANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK 1 PAI 2025)
SKRIPSI MOH. HASAN ZAIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Moh. Hasan Zain, Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I : Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Lumajang.

Kata kunci : Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. SMP Negeri 4 Lumajang

Pelaksanaan Kurikulum Merdeka perlu ada kesiapan yang cukup agar menghasilkan hasil yang diinginkan dari visi dan misi yang dituju. Termasuk pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 4 Lumajang yang telah diterapkan dan dalam penerapan tersebut ditemui beberapa kesulitan dan hasil yang didapatkan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Lumajang ? (2) Kesulitan apa saja yang ada di SMP Negeri 4 Lumajang dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan bagaimana cara mengatasinya?. (3). Bagaimana hasil dari Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang diterapkan di SMP Negeri 4 Lumajang?
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subyek pada penelitian ini menggunakan Teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Kebasahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Lumajang In Houst Training, literasi, seminar (mendatangkan narasumber dari luar), MGMPS (Musyawarah Guru antar sekolah SMP Negeri 4 Lumajang), komunitas Belajar peserta didik ruang guru yang disetting sesuai dengan guru mata Pelajaran. (2) kesulitan-kesulitan dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar yaitu keterbatasan bagi guru senior, menerima perubahan, penyesuaian lingkungan. (3) Hasil yang diperoleh diterapkannya Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 4 Lumajang yaitu meningkatnya motivasi belajar peserta didik, meningkatnya literasi peserta didik, meningkatnya kemandirian dan tanggung jawab terhadap peserta didik, tergalinya bakat dan minat peserta didik, selain dari ilmu penegtahuan, semakin kuatnya iman dan taqwa serta akhlaqul karimah peserta didik utamanya terhadap guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh. Hasan Zain
Date Deposited: 15 Apr 2025 04:18
Last Modified: 28 Jul 2025 04:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40263

Actions (login required)

View Item View Item