Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Pemasaran Produk UMKM Kue Kering Di Angel Cookies

Azizah, Luluk (2025) Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Pemasaran Produk UMKM Kue Kering Di Angel Cookies. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 3 ES 2025)
SKRIPSI WATERMAK LULUK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Etika bisnis islam, Pemasaran, Produk UMKM.
Pada umumnya pelaku usaha ketika mencoba memasarkan produknya hanya sekedar memperhatikan apakah barang yang ia perjualbelikan laku atau tidak tetapi tidak memprhatikan perihal etika bisnis islam yang memang sangat penting dalam pemasaran produk.Masalah etika bisnis muncul bila terjadi suatu konflik tanggung jawab Pada umumnya pelaku usaha ketika mencoba memasarkan produknya hanya sekedar memperhatikan apakah barang yang ia perjualbelikan laku atau tidak tetapi tidak memprhatikan perihal etika bisnis islam yang memang sangat penting dalam pemasaran produk. Masalah etika bisnis muncul bila terjadi suatu konflik tanggung jawab kepentingan atau dilema memilih antara yang benar dan yang salah, yang salah dengan yang lebih salah atau mempertimbangkan sesuatu yang lebih kompleks yang diakibatkan oleh aktivitas bisnis. Etika mengarahkan manusia menuju aktualisasi kapasitas terbaiknya. Penerapan etika dan kejujuran dalam bisnis akan meningkatkan nilai entitas bisnis itu sendiri.
Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana pemasaran UMKM kue kering Angel Cokies di Tegalrejo? 2). Bagaimana Etika Bisnis Islam dalam meningkatkan pemasaran?.
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan pemasaran UMKM kue kering Angel Cokies di Tegalrejo. 2). Untuk mendeskripsikan etika bisnis islam dalam meningkatkan pemasaran.
Metode penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Subjek penelitian ini menggunakan Teknik purposive. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan 3 langkah , yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah : berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan etika bisnis islam dalam pemasaran produk UMKM kue kering di Desa Tegalrejo.1). Pemasaran UMKM Pada Produk Kue Kering Angel Cookies seperti pemasaran pada umumnya, yang mana di dalamnya pasti terdapat orang yang bertanggung jawab terutama dalam hal transaksi. 2). Angel Cookies disini sudah menerapkan prinsip yang ada pada etika bisnis islam seperti contohnya kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan lainnya. Telah dijelaskan bahwa penerapan etika bisnis islam menjadikan sebuah manfaat bagi pelanggan dan bahkan bagi pemilik industry nya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Luluk Azizah
Date Deposited: 16 Apr 2025 03:36
Last Modified: 23 Jul 2025 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40277

Actions (login required)

View Item View Item