Nur, Ikasanti (2021) Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Aliayah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Nur Ikasanti_T20171051.pdf Download (6MB) |
Abstract
Nur Ikasanti, 2021: Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Aliayah Negeri Bondowoso Model pembelajaran kolaboratif adalah pembelajaran yang dilaksanakan secara bersama-sama dalam bentuk kelompok dengan pemikiran yang berbeda serta saling bergantung satu sama lain untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana implementasi model pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran Fiqih materi merawat jenazah di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? 2) bagaimana implikasi model pembelajaran kolaboratif terhadap keaktifan dan kerjasama siswa pada mata pelajaran Fiqih materi merawat jenazah di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran Fiqih materi merawat jenazah di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso 2) untuk mengetahui implikasi model pembelajaran kolaboratif terhadap keaktifan dan kerjasama siswa pada mata pelajaran Fiqih materi merawat jenazah di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model Miles, Huberman dan Saldana, yang meliputi: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1) Implementasi model pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran fiqih materi merawat jenazah di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Pertama, guru membuat RPP. Kedua, terdapat beberapa langkah-langkah dalam proses pembelajaran, yaitu: guru memberikan materi merawat jenazah kepada siswa melaui media Whatsapp, siswa dibentuk kelompok sesuai absensi, siswa melaksanakan praktik secara berkelompok dan bergantian. 2) Implikasi model pembelajaran kolaboratif terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Fiqih materi merawat jenazah dilihat pada saat proses pembelajaran, seluruh siswa hadir tanpa absen. Siswa mengikuti pembelajaran dari awal hingga akhir dengan baik, siswa berantusias dalam merebutkan posisi praktikan dan posisi menjadi jenazah. Sedangkan pada kerjasama siswa juga dapat dilihat pada saat proses pembelajaran seluruh siswa saling berkerjasama dan tolong menolong dengan teman kelompoknya untuk menyelesaikan tugas praktik merawat jenazah dengan benar dan kompak. Hasil dari keaktifan dan kerjasama siswa mendapatkan nilai di atas nilai kriteria ketentuan minimal (KKM) yakni 75 yang telah ditentukan oleh guru mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 25 May 2022 02:50 |
Last Modified: | 25 May 2022 02:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4028 |
Actions (login required)
View Item |