Efektivitas Metode Tikrar dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an pada Siswa Kelas Unggulan Program Tahfidz di Madrasah Tsanawiyah Nusantara Kota Probolinggo.

Nurul Al Alviatul Laila, - (2021) Efektivitas Metode Tikrar dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an pada Siswa Kelas Unggulan Program Tahfidz di Madrasah Tsanawiyah Nusantara Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Nurul Al Alviatul Laila_ T20171141.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nurul Al Alviatul Laila. 2021. Efektivitas Metode Tikrar dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an pada Siswa Kelas Unggulan Program Tahfidz di Madrasah Tsanawiyah Nusantara Kota Probolinggo. Kata kunci: evaluasi, metode tikrar, pembelajaran Al-Qur’an Metode Tikrar merupakan salah satu metode untuk menghafal Al-Qur’an yang dilakukan dua kali atau lebih dengan tujuan dan alasan tertentu. Metode tikrar ini bisa meningkatkan dan membantu menguatkan hafalan, sehingga tidak akan mudah hilang. Jumlah pengulangan yang ideal untuk membentuk hafalan yang kuat adalah maksimal 40 kali pengulangan. Fokus penelitian yang akan diteliti dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana implementasi metode tikrar dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an pada siswa kelas unggulan program tahfidz di MTs Nusantara kota Probolinggo? 2) Bagaimana evaluasi penerapan metode tikrar dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an pada siswa kelas unggulan program tahfidz di MTs Nusantara Kota Probolinggo? 3) Bagaimana efektivitas penerapan metode tikrar dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an pada siswa kelas unggulan program tahfidz di MTs Nusantara Kota Probolinggo Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode tikrar dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an pada siswa kelas unggulan program tahfidz di MTs Nusantara kota Probolinggo; 2) Untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan metode tikrar dalam meningatkan pembelajaran Al-Qur’an pada siswa kelas unggulan program tahfidz di MTs Nusantara kota Probolinggo. 3) Untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan metode tikrar dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an pada siswa kelas VII unggulan program tahfidz di Mts Nusantara Kota Probolinggo Untuk mengidentifikasi permasalahan tesebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1). Implementasi metode tikrar dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an pada kelas VII unggulan program tahfidz di MTs Nusantara Kota Probolinggo yaitu dilakukan dengan mengulang secara bersama bacaan ayat yang akan dihafal berulang kali dengan cara guru tahfidz terlebih dahulu memberikan contoh bacaan yang baik dan benar lalu ditirukan oleh siswa dan bisa men-tikrar bacannya secara mandiri selama menunggu urutan untuk menyetor hafalan. 2). Evaluasi penerapan metode tikrar dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qu’an pada kelas VII unggulan program tahfidz di MTs Nusantara Kota Probolinggo yaitu dilakukan tes berupa tes lisan dengan cara menyetor hafalan tiap minggu dengan syarat benar-benar hafal, melakukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 25 May 2022 02:50
Last Modified: 25 May 2022 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4031

Actions (login required)

View Item View Item