Implementasi Pembelajaran Ahlusunnah Wal-Jama’ah Dalam Penguatan Pendidikan Akidah Melalui Metode Dialog Interaktif di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember

SITI HABIBATUL, FITRIA (2021) Implementasi Pembelajaran Ahlusunnah Wal-Jama’ah Dalam Penguatan Pendidikan Akidah Melalui Metode Dialog Interaktif di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
SITI HABIBATUL FITRIA_T20171018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Implementasi Pembelajaran Ahlusunnah Wal-Jama’ah Dalam PeSiti Habibatul Fitria, 2021.“Implementasi Pembelajaran Ahlusunnah Wal-Jama’ah Dalam Penguatan Pendidikan Akidah Melalui Metode Dialog Interaktif di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember” Pembelajaran Aswaja yang dilaksanakan di MA Unggulan Nuris bertujuan mampu menjadi tameng atau penguat akidah para siswa siswi di tengah maraknya arus ideologi yang semakin gencar bahkan mengarah pada perbuatan radikalisme dan terorisme yang dapat merusak keutuhan NKRI yang sudah lama di gaungkan. Di samping itu juga di harapkan mencetak pribadi yang berlandaskan Ahlusunnah Wal-Jama’ah di bumi Nusantara, pembelajaran Aswaja merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak diterapkan pada semua lembaga pendidikan, hanya lembaga pendidikan tertentu yang memasukkan Pembelajaran Aswaja ke dalam kurikulumnya. Setiap lembaga memiliki metode yang berbeda-beda dalam pelaksanaannya, metode yang diajarkan di MA Unggulan Nuris menggunakan metode dialog interaktif. Dialog Interaktif inilah di rasa mampu menjawab tantangan untuk mengajarkan pembelajaran Aswaja yang tidak hanya sekedar memberi pengetahuan saja tetapi juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun fokus peneliti yang diambil dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Perencanaan pembelajaran Ahlusunnah Wal-Jama’ah dalam penguatan pendidikan akidah melalui metode dialog interaktif di MA Unggulan Nuris? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Ahlusunnah Wal-Jama’ahdalam penguatan pendidikan akidah melalui metode dialog interaktif di MA Unggulan Nuris? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Ahlusunnah Wal-Jama’ahdalam penguatan pendidikan akidah melalui metode dialog interaktif di MA Unggulan Nuris? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Ahlusunnah Wal-Jama’ah dalam penguatan pendidikan akidah melalui metode dialog interaktif di MA Unggulan Nuris, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Ahlusunnah Wal-Jama’ah dalam penguatan pendidikan akidah melalui metode dialog interaktif di MA Unggulan Nuris, (3) untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Ahlusunnah Wal-Jama’ah dalam penguatan pendidikan akidah melalui metode dialog interaktif di MA Unggulan Nuris. Adapun pendekatan penlitian dalam skripsi ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dan jenisnya studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu: di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris pembelajaran Aswaja dibagi menjadi dua, ada pembelajaran Aswaja sendiri dan Retorika Aswaja, hasil penelitian dari Retorika Aswaja meliputi perencanaan pembelajaran Aswaja yang bertujuan mempertahankan akidah siswa ketika sudah terjun dimasyarakat melalui metode dialog interaktif yang sudah terangkum dalam buku Retorika Aswaja. Materi yang diajarkan hanya materi pilihan yang sering menjadi perdebatatan dikalangan masyarakat, Dalam pelaksanaannya untuk menguatkan akidah siswa, yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Menggunakan metode dialog interaktif membuat siswa lebih memahami apa yang mereka pelajari tentunya juga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari- hari, Sedangkan untuk evaluasi pembelajaran meliputi tiga kategori yakni hafalan, praktek dan hasil rangkuman, hasil evaluasi dari Retorika Aswaja ini siswa lebih senang dalam proses pembelajarannya tidak membosankan dan yang pasti di buktikan dengan nilai rapot diatas KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 25 May 2022 02:51
Last Modified: 25 May 2022 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4032

Actions (login required)

View Item View Item