Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial pada Kelompok B di Raudhatul Athfal Tarbiyatul Huda Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Khusnul Khotimah, - (2021) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial pada Kelompok B di Raudhatul Athfal Tarbiyatul Huda Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam usia dini.

[img] Text
Khusnul Khotimah _T20165016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Khusnul Khotimah, 2021: Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial pada Kelompok B di Raudhatul Athfal Tarbiyatul Huda Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata kunci: Kecerdasan Visual Spasial Kegiatan pembelajaran pada kelas B di RA Tarbiyatul Huda dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial meliputi kegiatan menggambar, kegiatan bermain puzzle, kegiatan kolase dan sebagainnya. Sebelum menggunakan pembelajaran tersebut, peserta didik sulit untuk memahami macam-macam bentuk, warna dan ruang. Bentuk ciri-ciri kecerdasan visual spasial salah satunya yaitu dapat mengenal dan memahami macam-macam bentuk, warna dan ruang. Setelah menggunakan pembelajaran tersebut peserta didik lebih mudah mengenal dan memahami macam-macam bentuk, warna dan ruang. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kegiatan menggambar dalam upaya meningkatkan kecerdasan visual spasial pada kelompok B di Raudhatul Athfal Tarbiyatul Huda Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?, 2) Bagaimana kegiatan bermain puzzle dalam upaya meningkatkan kecerdasan visual spasial pada kelompok B di Raudhatul Athfal Tarbiyatul Huda Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?, 3) Bagaimana kegiatan kolase dalam upaya meningkatkan kecerdasan visual spasial pada kelompok B di Raudhatul Athfal Tarbiyatul Huda Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? Tujuan Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kegiatan menggambar dalam upaya meningkatkan kecerdasan visual spasial pada kelompok B di Raudhatul Athfal Tarbiyatul Huda Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mendeskripsikan kegiatan bermain puzzle dalam upaya meningkatkan kecerdasan visual spasial B di Raudhatul Athfal Tarbiyatul Huda Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Untuk mendeskripsikan kegiatan kolase dalam upaya meningkatkan kecerdasan visual spasial B di Raudhatul Athfal Tarbiyatul Huda Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang diapakai dalam skripsi ini adalah: metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis adata menggunakan kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) kegiatan menggambar : sebagian anak mampu dan bisa mengerjakan sesuai yang dicontohkan guru sebelumnya, sebagian ada juga yang belum sesuai yang dicontohkan guru. 2) kegiatan bermain puzzle: terdapat beberapa anak yang belum bisa menyelesaikan puzzle, tetapi banyak anak yang sudah bisa mengerjakan dengan benar sesuai contoh. 3) kegiatan kolase: banyak anak sudah bisa menempelkan biji-bijian dengan benar, ada juga yang mengasih lemnya yang terlalu banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 25 May 2022 02:52
Last Modified: 25 May 2022 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4034

Actions (login required)

View Item View Item