Adifa Winata, Tria Sughesti (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, ISLAMIC BRANDING DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA FEBI DALAM MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Tria Sughesti Adifa Winata_212105010067.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata
Kunci : Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding,
Religiusitas,Keputusan Menggunakan Jasa Perbankan Syariah
Keuangan syariah semakin berkembang yang menawarkan produk dan
jasa keuangan yang berlandaskan syariat Islam. . Perbankan syariah menjadi
alternatif untuk sistem kredit karena, dalam perbankan syariah tidak ada bunga
akan tetapi dengan sistem bagi hasil. Keuangan syariah diharapkan dapat menjadi
solusi bagi praktik-praktik keuangan yang mengarah pada riba, maysir, dan
gharar. Akan tetapi, faktanya keuangan syariah hingga saat ini masih memiliki
pangsa pasar yang rendah.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah 1) Apakah Literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap
keputusan menggunakan jasa perbankan syariah? 2) Apakah Islamic Branding
berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah? 3)
Apakah Religiusitas
berpengaruh terhadap keputusan menggunakan bank
digital? 4) apakah Literasi keuangan syariah, Islamic branding , dan religiusitas
secara simultan berpengaruh terhadap keputusan jasa perbankan syariah
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh Literasi keuangan syariah
terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan syariah, 2) Untuk mengetahui
pengaruh Islmic Branding terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan
syariah, 3) Untuk mengetahui pengaruh Religiusitas terhadap keputusan
menggunakan jasa perbankan syariah, 4) Untuk mengetahui pengaruh Literasi
keuangan syariah , Islamic Branding dan Religiusitas terhadap keputusan
menggunakan jasa perbankan syariah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik
pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Dalam pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden
menggunakan cara yang dirumuskan oleh Slovin. Analisis data yang digunakan
adalah uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi
linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Literasi keuangan syariah (X1)
Memiliki pengaruh positif signifikan secara parsial terhadap keputusan
menggunakan jasa perbankan syariah. Sedangkan Islamic Branding (X2) Memiliki
pengaruh poitif signifikan secara parsial terhadap keputusan menggunakan jasa
perbankan syariah dan Religiusitas (X3) memiliki pengaruh yang positif
signifikan secara parsial terhadap keputusan menggunakan jasa perbankan
syariah. secara simultan variabel Literasi keuangan syariah, Islamic Branding dan
Religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan mahasiswa FEBI
menggunakan jasa perbankan syariah .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140210 International Economics and International Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms TRIA SUGHESTI ADIFA WINATA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:24 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |