Ni’am, Ashrofu Alfan (2025) Peran Bimbingan Sosial dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Bersosialisasi Anak Disabilitas Netra di SLB Negeri Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Ashrofu Alfan Ni’am_205103030010 .pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Bimbingan Sosial, Kepercayaan Diri, Sosialisasi, Disabilitas
Netra
Bimbingan sosial dilaksanakan dengan tujuan agar siswa yang dibimbing
mampu bersosialisasi secara baik dengan lingkungannya. Bimbingan sosial juga
memiliki tujuan untuk membantu individu dalam mengatasi kesulitan-kesulitan
dalam masalah sosial, sehingga individu mampu menyesuaikan diri secara baik
dan wajar di lingkungan sosialnya.
Fokus permasalahan dalam penelitian yaitu, Bagaimana strategi bimbingan
sosial dalam meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi siswa disabilitas
netra di SLB Negeri Jember?, dan Bagaimana bentuk kepercayaan diri dalam
bersosialisasi siswa disabilitas netra di SLB Negeri Jember setelah mendapatkan
bimbingan sosial?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi
bimbingan sosial dalam meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi siswa
disabilitas netra di SLB Negeri Jember, dan untuk mendeskripsikan bentuk
kepercayaan diri dalam bersosialisasi siswa disabilitas netra di SLB Negeri
Jember setelah mendapatkan bimbingan sosial.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.
Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data atau
data display, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa
strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam bersosialisasi
anak disabilitas netra di SLB Negeri Jember, adalah melalui layanan bimbingan
kelompok yang meliputi beberapa tahapan antara lain: Tahap perencanaan yang
meliputi pendampingan dan pendekatan hubungan yang terjalin antara guru
pembimbing dengan siswa disabilitas netra. Tahap pelaksanaan yang meliputi
tahap awal, tahap inti, dan tahap penutup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Ashrofu Alfan Ni’am |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 07:32 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 07:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |