nisa', Khoirun (2025) Penerapan Program Outing Class Dalam Mengembangkan Kompetensi Siswa Di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 02 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Khoirunnisa’ _211101030014.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Khoirunnisa’ _211101030014.pdf Download (4MB) |
Abstract
Khoirunnisa’, 2025: Penerapan Program Outing Class dalam Mengembangkan
Kompetensi Siswa di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 02 Jember
Kata Kunci: Outing Class, Kompetensi, Sekolah Dasar
Peserta didik yang hanya belajar teori didalam kelas saja akan cukup sulit
untuk memahami terkait dengan materi yang dipelajari. Maka dari itu siswa harus
mendapatkan pengalaman langsung agar siswa lebih memahami secara mendalam.
Outing Class menjadi salah satu program yang efektif karena siswa dapat
mengamati langsung objek yang dipelajarinya sehingga memungkinkan siswa
belajar secara kontekstual. Jadi harapan yang didapatkan dari Outing Class ini
adalah agar peserta didik lebih paham dan juga akan dapat melihat secara lebih
nyata terhadap materi yang dipelajarinya dibandingkan dengan hanya belajar teori
didalam kelas saja.
Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimana perencanaan penerapan program
Outing Class dalam mengembangkan kompetensi siswa di SD Al-Baitul Amien 02
Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan program Outing Class dalam
mengembangkan kompetensi siswa di SD Al-Baitul Amien 02 Jember? 3)
Bagaimana evaluasi penerapan program Outing Class dalam mengembangkan
kompetensi siswa di SD Al-Baitul Amien 02 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeksripsikan perencanaan
penerapan program Outing Class dalam mengembangkan kompetensi siswa di SD
Al-Baitul Amien 02 Jember. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan
program Outing Class dalam mengembangkan kompetensi siswa di SD Al-Baitul
Amien 02 Jember. 3) Untuk mengetahui evaluasi penerapan program Outing
Class dalam mengembangkan kompetensi siswa di SD Al-Baitul Amien 02
Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deksriptif. Penentuan subjek menggunak teknik purposive.
Pengumpulan data menggunakan observasi pasif, wawancara terstruktur dan
dokumentasi. Kemudian analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi
data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Perencanaan, pertama
penyusunan modul, kedua guru kelas melaksanakan rapat kemudian hasil rapat
akan disampaikan kepada Waka Kurikulum, lalu akan dikoordinasikan hasil rapat
tersebut pada rapat pimpinan dan di setujui oleh kepala sekolah. 2) Pelaksanaan
program Outing Class sesuai dengan tema dan pelajaran yang sudah disusun
dalam modul, pelaksanaan dalam program ini yaitu Purnama Jati Pusat Oleh-oleh
Khas Jember atau tempat pembuatan kue yang disesuaikan dengan tema
“Bhinneka Tunggal Ika” pada pelajaran P5 dan Mini Zoo. 3) Evaluasi dilakulan
oleh guru dengan memberikan tugas kepada siswa. Dengan tugas ini guru akan
dapat mengukur sejauh mana keberhasilan dalam program Outing Class dapat
mengembangkan kompetensi pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Khoirun nisaa' |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 06:25 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 06:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |