Alfiansyah, Mohammad Farhan (2025) OPTIMALISASI PRODUK BSI MOBILE DALAM MENGHADAPI ERA PERBANKAN DIGITAL PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU GAJAH MADA JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
Mohammad Farhan Alfiansyah_E20191142.pdf Download (3MB) |
Abstract
Bank merupakan jantung perekonomian negara, dengan tidak adanya perbankan, kegiatan ekonomi akan menjadi lumpuh. Saat dunia perbankan berkembang pesat, tentunya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional maupun global. Selain itu, perkembangan teknologi informasi akan membawa berbagai dampak perubahan. Perubahan mendesak dalam dunia perbankan ialah pada digitalisasi layanan. Begitu juga dengan BSI KCP Gajah Mada Jember optimalisasi produk juga dilakukan untuk meningkatkan minat nasabah pada produk-produk Bank Syariah Indonesia terutama pada nasabah kantor cabang jember, layanan dan produk yang di berikan oleh BSI KCP Gajah Mada Jember sendiri sudah bisa bersaing dengan bank konvensional yang ke beradanya jauh lebih terdahulu
Dalam skripsi ini, peneliti mengambil fokus: 1) Bagaimana strategi optimalisasi digitalisasi produk BSI mobile pada BSI KCP Gajah Mada Jember dalam menghadapi era perbankan digital? 2) Apa faktor pendorong dan penghambat BSI KCP Gajah Mada Jember dalam menghadapi era perbankan digital?
Tujuan dari penulisan Skripsi ini adalah: 1) Untuk mengidentifikasi strategi optimalisasi digitalisasi produk BSI mobile pada BSI KCP Gajah Mada Jember dalam menghadapi era perbankan digital. 2) Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat BSI KCP Gajah Mada Jember dalam menghadapi era perbankan digital.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi yang diambil dalam penelitian ini bertempat di kantor BSI KCP Gajah Mada Jember, dengan mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan gabungan atau triangulasi. Dan metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini adalah optimalisasi produk BSI Mobile yang dilakukan adalah langkah strategis BSI KCP Gajah Mada Jember untuk menghadapi era perbankan digital. Meski masih terdapat kendala teknis dan keterbatasan akses, berbagai upaya seperti peningkatan fitur, edukasi nasabah, dan penguatan keamanan telah membuahkan hasil positif. Ke depan, kolaborasi dengan pihak eksternal dan penambahan layanan syariah digital dapat memperkuat daya saing BSI Mobile di pasar perbankan digital
Kata kunci: Optimalisasi, Perbankan Digital, BSI Mobile
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Farhan Farhan Farhan |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:38 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |