Afif Sorga Alam, - (2021) Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
Text
Afif Sorga Alam_T20173052.pdf Download (11MB) |
Abstract
Afif Sorga Alam, 2021: Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo. Kepala sekolah merupakan seorang yang di percayai stafnya untuk memimpin pada suatu lembaga pendidikan dalam proses kegiatan pembelajaran dan terjadinya suatau interaksi antara kepala sekolah dan guru sehingga dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab secara efektif dan efisien. Profesionalisme guru adalah orang yang memiliki kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang keguruan (pembelajaran) sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai seorang pendidik dengan kemampuan yang maksimal. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaiman Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo. 2) Apa Hambatan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo. Tujuaan penelitian dalam skripsi ini: 1) Untuk mendeskripsikan upaya epala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di Sekolah Menengah Atas Al- Falah Silo.2) Untuk mendeskripsikan hambatan kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di Sekolah Menengah Atas Al- Falah Silo. Metode menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triagulasi sumber dan triagulasi teknik. Adapun hasil penelitian ini antara lain: 1) Bagaiman Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo yaitu dengan cara kepala sekolah selalu memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan guru, mendukung guru untuk S1, mengharuskan guru mengajar sesuai dengan latar pendidikannya, mengadakan In House Training (IHT), mengadakan workshop, mengadakan pelatihan-pelatihan dan pastinya selalu berusaha menjadi figur yang baik bagi guru serta seluruh masarakat sekolah. 2) Apa Hambatan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo yaitu hambatan terbesar yang ada di Sekolah Menengah Atas Al-Falah seperti pembiayaan, sarana prasarana yang kurang memadai serta jam pelajaran, karena jam pelajaran yang sesuai dengan standart pemerintah seharusnya 45 menit dalam 1X tatap muka dan pembelajaranya sampai sore, di Sekolah Menengah Atas Al-Falah sendiri tidak bisa melakukan jam pelajaran seperti itu karena terbentur dengan jadwal diniyah yang harus sesuai dengan kegiatan di pesantren. Jadi disini kami mengurangi beberapa jam, teruma jam terahir harusnya 45 menit 1X tatap muka kami kurangi menjadi 40 menit sehingga tidak berbenturan dengan jadwal madrasah diniyah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 25 May 2022 02:52 |
Last Modified: | 25 May 2022 02:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4040 |
Actions (login required)
View Item |