Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Ilmu Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di MI Al-Azhar Jember, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Maulidah, Maila nur (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Ilmu Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di MI Al-Azhar Jember, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
Maila Nur Maulidah_212101040051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Maila Nur Maulidah, 2025 : Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Ilmu Pada
Mata Pelajaran IPAS Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di MI Al-Azhar Jember, Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji
Achmad Siddiq Jember.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Mata Pelajaran IPAS, Bagian Tumbuhan dan
Fungsinya, Kotak Ilmu.
Media kotak ilmu adalah media yang terbuat dari lembaran PVC berukuran
40x40 cm, yang di dalamnya terdapat mata pelajaran IPAS khususnya materi Bagian
Tumbuhan dan Fungsinya. Media Kotak Ilmu memiliki potensi untuk
menggabungkan unsur visual, interaktif, dan kognitif sehingga dapat membantu
siswa dalam memahami konsep-konsep pembelajaaran dengan lebih baik.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di MI Al-Azhar Jember, peneliti
menemukan permasalahan bahwa guru jarang menggunakan media pembelajaran.
Sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran yang mengakibatkan nilai
peserta didik kurang. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan media
pembelajaran kotak ilmu.
Rumusan masalah dalam penelitian yaitu: 1) Bagaimana Validitas
Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Ilmu pada Mata Pelajaran IPAS Materi
Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV
di MI Al-Azhar Jember ?., 2) Bagaimana Praktikalitas Pengembangan Media
Pembelajaran Kotak Ilmu pada Mata Pelajaran IPAS Materi Bagian Tumbuhan dan
Fungsinya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MI Al-Azhar
Jember?., 3) Bagaimana Efektivitas Media Pembelajaran Kotak Ilmu pada Mata
Pelajaran IPAS Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Kelas IV di MI Al-Azhar Jember ?.
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian
pengembangan atau lebih dikenal dengan istilah Research and Development dengan
menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain,
pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengumpulan datanya diperoleh melalui
observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Sedangkan subjek penelitiannya
yaitu peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Jember.
Adapun hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan peneliti,
bahwa Media Pembelajaran Kotak Ilmu sangat layak digunakan. Hal ini dibuktikan
dengan 1) Hasil validitas ahli media memperoleh skor 92%, hasil validasi ahli materi
memperoleh skor 94%, dan hasil validasi ahli bahasa memperoleh skor 100%, data
validitas ini memperoleh skor rata-rata sebesar 95% dengan kriteria sangat valid., 2)
Data praktikalitas dibuktikan dengan hasil penilaian guru pembelajaran memperoleh
skor 90% dan hasil respon peserta didik memperoleh skor 93 %, data praktikalitas ini
memperoleh skor rata-rata sebesar 91,5% dengan kriteria sangat praktis., 3)
Sedangkan data efektivitas dibuktikan dengan hasil uji N-gain Score dengan rata-rata
0,62 dengan kriteria cukup dan N-Gain Percent efektivitas sebesar 62,00% dengan
kriteria cukup efektif. Bisa disimpulkan bahwa media Kotak Ilmu cukup efektif
untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1602 Criminology > 160201 Causes and Prevention of Crime
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: sis Maila Nur Maulidah
Date Deposited: 22 Apr 2025 06:44
Last Modified: 22 Apr 2025 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40400

Actions (login required)

View Item View Item