Manajemen Kurikulum di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember

EVA LAILATUL MUKARROMAH, - (2021) Manajemen Kurikulum di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
EVA LAILATUL MUKARROMAH_084 143 016.pdf

Download (9MB)

Abstract

Eva Lailatul Mukarromah 2021: Manajemen Kurikulum di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember Latar belakang judul ini karena kurikulum yang ada di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember cukup unik, karena di zaman sekarang masih tetap menggunakan metode salaf (klasik), seperti masih menggunakan metode bandongan, Sorogan, watonan, metode musyawarah, metode lalaran, kitab-kitab salaf dengan ma’na pego. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Kurikulum di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember. 2) Bagaimana Pelaksanaan Kurikulum di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember. 3) Bagaimana Evaluasi Kurikulum di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian kualitatif ini bagaimana membangun pengetahuan melalui pemahaman dan penemuan. Penggunaan pendekatan penelitian kualitatif ini dilakukan karena berkaitan dengan proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki fenomena sosial dan masalah manusia. Dalam penelitian ini sumber data diambil dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi dari pihak-pihak yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perencanaan kurikulum di pondok pesantren Miftahul Ulum melalui (1) Analisis Kebutuhan (2) Merumuskan dan Menjawab Pertanyaan Filosofis (3) Menentukan Desain Kurikulum (4) Perumusan rasional atau dasar pemikiran (5) Perumusan visi, misi, dan tujuan (6) Pemilihan dan pengorganisasian kegiatan pembelajaran (7) Pemilihan sumber, alat, dan sarana belajar. Pelaksanaan kurikulum di pondok pesantren Miftahul ulum Suren dibagi menjadi daua (1) Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Pesantren (2) Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Kelas. Pelaksanaan kurikulum Tingkat Pesantren di Pondok Pesanren Miftahul Ulum Suren bersumber pada kitab-kitab kuning dan menggunakan metode salafi. Metode pembelajaran yang diterapkan di pondok pesantren bersifat tradisional. Sedangkan Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Kelas formal mengikuti praturan perundang undangan dari pemeritah. Evaluasi kurikulum yang dilakukan di Pondok Pesanren Miftahul Ulum Surenmeliputi : (1)Mengadakan penilaian secara terus menerus terhadap pelaksanaan pengajaran. (2) Mengadakan kontrol terhadap tingkah laku santri yang diharapkan tercapai melalui langkah-langkah sebagai berikut: (a) Mengadakan prosedur pengajaran dengan mempertimbangkan metode-metode yang dianggap paling baik yang berlaku bagi penyelenggaraan pendidikan yang lainnya. (b) Mengadakan perbaikan pengajaran. Hal-hal yang diperbaiki itu meliputi teori-teori (model pengajaran yang sistematis) dengan cara menghimpun sejumlah pengalaman mengajar lalu dievaluasi. (c) Menggunakan alat evaluasi untuk menemukan kelemahan-kelemahan, kebutuhan-kebutuhan dan minat para santri secara individual. Jadi evaluasinya sepenuhnya dilaksanakan oleh pondok dengan menggunakan kalender hijriyah dan masehi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 25 May 2022 02:52
Last Modified: 25 May 2022 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4041

Actions (login required)

View Item View Item