-, Prayudi (2025) Penerapan Etika Bisnis Syariah Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Pada Toko El-Aqsho Mart. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Prayudi_E20192212.pdf Download (3MB) |
Abstract
Prayudi, Nadia Azalia Putri, 2025: Penerapan Etika Bisnis Syariah Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Pada Toko El-Aqsho Mart.
Kata Kunci: Etika Bisnis islam, Penerapan Etika, Loyalitas Konsumen
Bisnis merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tidak heran jika Islam yang bersumber pada Al- Qur‟an dan Sunnah memberi tuntunan dalam bidang usaha. Bisnis selama ini, dikesankan sebagai usaha mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, bahkan harus ditempuh dengan cara kotor dan tidak etis. Islam tidak membiarkan begitu saja seseorang bekerja sesuka hati untuk mencapai keinginannya dengan menghalalkan segala cara seperti melakukan penipuan, kecurangan, sumpah palsu, riba, menyuap dan perbuatan batil lainnya.
Penelitian ini memiliki fokus peneliatian yaitu 1) Bagaimana implementasi etika bisnis syariah di toko El-Aqsho Mart? 2) Bagaimana peranan etika bisnis syariah dalam meningkatkan loyalitas konsumen di toko El-Aqsho Mart?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi etika bisnis syariah di tok El-Aqsho Mart. 2) Untuk mengetahui bagaimana perenanan etika bisnis syariah dalam meningkatkan loyalitas konsumen di toko El-Aqsho Mart.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan mengumpulkan data dari fakta-fakta dan menguraikannya secara menyeluruh dan meneliti sesuai persoalan yang akan di pecahkan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Penerapan etika bisnis syariah di toko El-Aqsho Mart dilakukan secara menyeluruh dengan berasaskan nilai-nilai etika bisnis syariah, seperti prinsip tauhid, kehendak bebas, keseimbangan, kehendak bebas serta kebenaran. Dengan penerpan etika bisnis syariah yang konsisten tersebut, toko el-Aqsho Mart tidak hanya menjalankan bisnis secara menguntungkan akan tetapi juga menjunjung tinggi nilai-nilai islam yang kemudian membarikan keberkahan serta keberlanjutan. 2) Prinsip-prinsip etika bisnis syariah memiliki peran yang penting bagi toko El-Aqsho Mart dalam meningkatkan loyalitas konsumen. Etika bisnis yang diterapkan meliputi kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas serta kebenaran dalam setiap aktivitasnya. Toko El-Aqsho Mart juga memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap kepuasan konsumen. Seperti penggantian produk yang kadaluarsa, serta transparansi dalam memjual suatu barang tanpa kecurangan. Di samping itu pelatihan karyawan yang berlandaskan prinsip etika bisnis syariah dapat menciptakan citra positif di mata konsumen. Dengan menjalankan bisnis sesuai prinsip-prinsip etika bisnis syariah, El-Aqsho Mart berhasil membangun kepercayaan pelanggan dan menciptakan hubungan jangka panjang baik dengan pelanggan maupun mitra kerja yang saling menguntungkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Man Pra yudi |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 06:19 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 06:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |