Anwar, Abd. Wadudi Kasful (2025) Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Pelayanan Toko pada Konsumen di Toko Jawara Plastik Balung Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Abd. Wadudi Kasful Anwar_E20192205.pdf Download (21MB) |
Abstract
Abd Wadudi Kasful Anwar, Fauzan 2025: Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Pelayanan Toko pada Konsumen di Toko Jawara Plastik Balung Jember
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Pelayanan Toko, Konsumen.
Etika bisnis Islam memastikan bahwa semua pihak, termasuk mitra bisnis, konsumen, dan pebisnis, mendapatkan keuntungan. Dengan kata lain, orang-orang yang menjalankan bisnis secara Islami harus mengikuti aturan-aturan main bagaimana seseorang yang beragama Islam harus bertindak dalam dunia bisnis agar mereka mendapatkan manfaat dari Allah SWT baik di dunia maupun di akhirat. Toko Jawara Plasik Balung Jember adalah Toko klontong yang menjadi satusatunya yang terbaik di balung dan biasanya selalu ramai hal ini menjadi acuan peneliti dalam melihat seperti apa etika bisnis yang diterapkan sehingga toko ini menjadi ramai karena pastinya hal ini sangat mendukung toko dalam mengalami kemajuan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Pelayanan Toko terhadap Konsumen di Toko Jawara Plastik Balung Jember? 2. Bagaimana Tantangan Dan Hambatan Dalam Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Pelayanan Toko terhadap Konsumen di Toko Jawara Plastik Balung Jember?.
Tujuan Penelitian ini antara lain: 1. Mengetahui Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Pelayanan Toko terhadap Konsumen di Toko Jawara Plastik Balung Jember 2. Mengetahui Tantangan Dan Hambatan Dalam Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Pelayanan Toko terhadap Konsumen di Toko Jawara Plastik Balung Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan data.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Prinsip Prinsip Etika bisnis islam yang di terapkan oleh toko Jawara Plastik balung dalam melayani para konsumen adalah dengan 4 Prinsip sifat Rasulullah seperti Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathanah. 2. Tantangan dan hambatan dalam penerapan Etika Bisnis islam di Toko Jawara Plastik Balung ada 2 yaitu: kendala internal (Kurang maksimalnya prinsip tabligh dalam menyampaikan kualitas produk) dan kendala eksternal (pembeli yang kurang baik dan juga Toko dalam keadaan ramai.).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140301 Cross-Sectional Analysis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | SE Abd. Wadudi Kasful Anwar |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 06:22 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 06:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |