Rohman, Taufiqur (2025) Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Di Rumah Kopi Banjarsengon Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Taufiqur Rohman 212105020015-1.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Digital Marketing, Penjualan, Ekonomi Islam.
Dibalik pesatnya perkembangan internet saat ini, trend digital marketing menjadi peluang yang sudah seharusnya pelaku usaha menerapkannya untuk menghadapi era industri saat ini. Yang mana digital marketing merupakan penggunaan media digital dalam melakukan pendekatan pemasaran.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1). Bagaimana penerapan digital marketing dalam meningkatkan penjualan di Rumah Kopi Banjarsengon?. 2). Bagaimana penerapan digital marketing dalam meningkatkan penjualan di Rumah Kopi Banjarsengon ditinjau dari perspektif ekonomi Islam?. 3).Kendala apa yang dihadapi Rumah Kopi Banjarsengon dalam menerapkan digital marketing?. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui bagaimana penerapan digital marketing dalam meningkatkan penjualan di Rumah Kopi Banjarsengon,
marketing, 2). Untuk mengetahui bagaimana penerapan digital marketing dalam meningkatkan penjualan di Rumah Kopi Banjarsengon ditinjau dari perspektif ekonomi Islam, 3). Untuk mengetahui kendala apa yang dihadapi Rumah Kopi Banjarsengon dalam menerapkan digital marketing.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh dengan terjun langsung ke lapangan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian berada di Rumah Kopi Banjarsengon. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini berlandaskan fokus penelitian adalah: 1). Rumah Kopi Banjarsengon sudah menerapkan digital marketing dengan memanfaatkan berbagai tools, seperti sosial media dan juga e-commerce, dengan tujuan untuk memperluas jangkauan pasar. 2). Penerapan digital marketing di Rumah Kopi Banjarsengon sudah memperhatikan prinsip-prinsip ekonomi Islam, seperti Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi’yyah), dan Humanitis (Insaniyyah). 3). Penerapan digital marketing di RKB tentu tidak terlepas dari beberapa kendala dalam pelaksanaanya, salah satunya adalah kurangnya SDM yang mumpuni dalam menerapkan digital marketing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Taufiqur Rohman |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:24 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40419 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |